Berbiaya Murah, Walikota Ibnu Sina Setuju Model Jembatan Gantung Penghubung Sei Jingah-Sei Bilu

0

WALIKOTA Ibnu Sina menargetkan pada 2023 dari 20 program kerja yang dicanangkannya bersama Wakil Walikota Arifin Noor juga bisa terealisasi. Termasuk, pembangunan Jembatan Sungai (Sei) Jingah-Sei Bilu dan Jembatan Pramuka-Sungai Gampa.

HAL ini diungkap Walikota Ibnu Sina dalam konsultan publik penyusunan rancangan awal rencana kerja Pemkot Banjarmasin tahun 2023 di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Selasa (15/2/2022).

Menurut dia, ada 20 program kerja serta usulan dari masyarakat yang harus bisa diwujudkan pada 2023 mendatang. Hal ini sejalan dengan visi-misi Ibnu Sina-Arifin termaktub dalam Banjarmasin Baiman Lebih Bermartabat.

Dia mencontohkan pembangunan Jembatan Sei Jingah-Sungai Bilu yang membentang di atas Sungai Martapura merupakan aspirasi warga akan menghubungkan kawasan utara dan timur Banjarmasin.

Termasuk prioritas, beber Ibnu Sina, adalah pembangunan Jembatan Pramuka-Sungai Gampa yang tembus ke Handil Subardjo, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala.

BACA : 8 Anggota DPRD Kalsel Dapil Banjarmasin Siap Golkan Jembatan Sei Jingah

“Untuk pembangunan Jembatan Sungai Jingah bisa diusulkan untuk pembiayaannya dibantu Pemprov Kalsel.  Namun, untuk rencana itu tidak bisa menggunakan rancangan yang sudah ada,” kata mantan anggota DPRD Kalsel ini.

Ibnu Sina mengakui dari rancangan awal pembangunan Jembatan Sungai Jingah sedikitnya menelan dana Rp 175 miliar untuk fisik jembatan, di luar pembebasan lahan.

“Nanti, bisa saja didesain ulang untuk Jembatan Sungai Jingah dengan model gantung, jauh lebih murah hanya sekitara Rp 25 miliar hingga Rp 30 miliar,” kata Ibnu Sina.

BACA JUGA : Dilengkapi Studi Kelayakan-DED, Rencana Jembatan Sei Jingah-Sei Bilu Bisa Diajukan Lagi

Hal senada juga dilontarkan Pelaksana Tugas Kepala Bappeda Litbangda Kota Banjarmasin Rian Utama. Menurut dia, pembangunan Jembatan Pramuka-Sungai Gampa dan Jembatan Sungai Jingah juga bertujuan memecahkan kemacetan di kawasan tersebut.

“Tentu saja, dalam pembangunan kami lebih melihat pada skala prioritas. Seperti Jembatan Pramuka ke Sungai Gampa, karena hal ini menunjang pembangunan nasional untuk membangun jalan bebas hambatan,” katanya.

Menurut dia, ada solusi yang bisa ditawarkan untuk mewujudkan pembangunan Jembatan Sungai Gampa dengan meminta bantuan dana dari Pemprov Kalsel melalui APBD Provinsi Kalsel. Ini karena, besarnya anggaran, tak memungkinkan mengandalkan dari APBD Banjarmasin.

BACA JUGA : Kena Kebijakan Ikat Pinggang, Fajar Desira Akui Rancang Jembatan Sungai Jingah

Untuk diketahui, Wakil Walikota Arifin Noor sempat membeberkan rencana pembangunan Jembatan Sei Jingah di atas Sungai Martapura telah dimasukkan dalam revisi Perda Nomor  5 Tahun 2013 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Banjarmasin.

Dalam RTRW itu, sedikitnya ada 11 jembatan yang akan dibangun. Yakni, Jembatan Sungai Jingah, Jembatan Sungai Andai, Jembatan Pramuka-Sungai Gampa yang tembus ke Handil Subardjo, Alalak. Sementara pada 2020 lalu, telah diselesaikan pembangunab Jembatan Sulawesi II, Jembatan HKSN, Jembatan Kelayan A-Geriliya dan Jembatan Antasan Bromo.(jejakrekam)

Penulis Shella Farazela/Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.