Adu Ketangkasan, Puluhan Anggota Damkar Berlaga di Piala Pj Bupati Batola Cup 2023

0

UNIT Pelaksana Teknis Pemadam Kebakaran Satpol-PP Kabupaten Barito Kuala (Batola) kembali menggelar Lomba Ketangkatan Pemadam Kebakaran di Lapangan 5 Desember Marabahan, Sabtu (2/12.2023).

KEGIATAN ini diikuti 50 Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) yang terdiri 42 BPK putera dan 8 BPK puteri. Mengawali pertandingan, Pj Bupati Batola Mujiyat didampingi anggota forkompinda, mengibarkan bendera start yang mempertandingan peserta lady fair antara BPK Lady Tala dengan BPK Diyang Tapin.

Pj Bupati Mujiyat mengatakan, lomba yang dilaksanakan ini dalam rangka adu ketangkasan mengingat para anggota Damkar merupakan orang-orang yang tangkas, lincah khususnya dalam hal memadamkan kebakaran.

BACA : Terima Dana Transfer Ke Daerah Rp 1,41 Triliun, Pj Bupati Batola Juga Terima Penghargaan Terbaik 1 Pengelolaan DAK Fisik

“Makanya lomba yang dilaksanakan ini dinamakan dengan Lomba Ketangkasan Damkar dalam arti siapa yang tangkas, melakukan actionnya maka akan menjadi pemenang dan berhak mendapatkan hadiah dan uang pembinaan yang telah disediakan,” ucap Mujiyat.

Mujiyat menilai lomba yang dilaksanakan ini sangat membawa manfaat karena itu ia berharap kegiatan semacam ini bisa lebih ditingkatkan. Jika perlu dapat digelar hingga 4 kali dalam setahun.

Harapannya, selain meningkatkan silaturahmi antar pemadam juga dapat menambah ketangkasan seluruh anggota relawan pemadam yang senantiasa tulus dan ikhlas terhadap tugas mulianya serta bisa memotivasi warga yang lain untuk bergabung.

BACA JUGA : Bertabur Hadiah Menarik, Ribuan Warga Tamban Ikuti Lomba Jalan Santai Peringati HUT Batola Dan PGRI

Khusus kepada para anggota Damkar yang memiliki slogan Pantang Pulang Sebelum Api Padam ini, Mujiyat mengimbau untuk menyadari dan memahami terhadap tugas mulianya. Kendati di saat menjalankan tugas tetap harus mengutamakan keselamatan dan jangan sampai mengorbankan diri.

“Jadi dalam bertugas rekan-rekan anggota Damkar hendaknya terus berpegang kepada SOP yang menjadi acuan,” ajak Mujiyat.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana yang juga Kepala UPT Damkar Satpol-PP Batola, Yusma Hernadi mengatakan, tujuan digelarnya lomba ketangkasan damkar selain meningkatkan profesionalisme ketangkasan dan kerjasama antar anggota BPK dari berbagai daerah.

“Kegiatan ini juga untuk mengasah keterampilan dan meningkatkan kekompakan setiap anggota Damkar dalam menghadapi bencana, khususnya kebakaran,” pungkas Yusma.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.