Gantikan Taksi Colt Lawas, Perdana Angkut Penumpang dari Terminal Mabuun ke Terminal Km 6 Banjarmasin

0

MOBIL Toyota All New Hiace dengan tipe mesin DHOC 4 silinder dengan kapasitas gede 2.755 cc berwarna putih digunakan Pemkab Tabalong untuk menjadi moda transportasi publik.

JIKA selama ini taksi Mitsubishi Colt L300 ‘Hulu Sungai’ didominasi dengan mobil-mobil lawas dan sudah berumur, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tabalong pun menggantinya dengan mobil anyar.

Lewat program layanan angkutan kota dalam provinsi (AKDP) berslogan Layanan Angkutan Masyarakat Tabalong Nyaman dan Ekonomis (Langsat Manis) resmi diluncurkan dengan mengangkut perdana penumpang tujuan Tanjung ke Banjarmasin, Senin (20/11/2023).

Kepala Dishub Kabupaten Tabalong, Tumbur P Manalu mengatakan layanan Langsat Manis dari Terminal Tanjung (Terminal Mabuun) menuju Terminal Km 6 Banjarmasin telah mengangkut penumpang pertama.

“Informasi di Terminal Tanjung dari rekan-rekan pengawas, hari ini sudah diberangkatkan tiga unit mobil yang diisi sekitar lima hignga enam penumpang perdana,” ucap Kepala Dishub Kabupaten Tabalong, Tumbur P Manalu kepada awak media di Tanjung, Senin (20/11/2023).

BACA : Tambah Armada, Pemkab Tabalong Kendalikan Inflasi Dengan Program Langsat Manis

Dia mengingatkan bagi masyarakat yang ingin menggunakan layanan AKDP Langsat Manis bisa mengakses melalui aplikasi Go-Tab yang dapat didownload di Play Store di ponsel pintar berbasis android.

“Mengenai tarif berdasar Peraturan Bupati Tabalong Nomor 65 Tahun 2023 yakni tujuan Tanjung-Banjarmasin dikenakan biaya Rp 170 ribu. Sedangkan, penumpang yang hanya sampai Martapura dan Banjarbaru itu hanya Rp 150 ribu,” papar Tumbur.

Menurut dia, layanan AKDP Langsat Manis ini akan rutin setiap dioperasikan dengan menyiapkan 10 unit mobil Hiace. “Jadwal itu rutin setiap hari, ada time schedule yakni mulai berangkat pukul 06.30 dan 10.00 Wita. Kemudian balik dari Banjarmasin pada pukul 13.30 dan 18.00 Wita,” kata Tumbur.

BACA JUGA : Sediakan Angkot Gratis Langsat Manis, Pemkab Tabalong Raih Penghargaan Nasional

Masih menurut dia, bagi masyarakat yang masih belum familiar dalam penggunaan aplikasi dapat langsung datang ke Terminal Mabu’un.

“Penumpang yang belum familiar dengan penggunaan aplikasi, bisa stand by menunggu di terminal, nanti ada petugas yang mengarahkan untuk ke loket. Kita sudah menyiapkan loket di Terminal Mabuun,” kata Tumbur.

BACA JUGA : Inflasi Kotabaru Tertinggi di Indonesia, BPKP Kalsel Sarankan Bupati Kotabaru Belajar dari Tabalong

Selain melayani rute Terminal Mabuun ke Terminal Km 6 Banjarmasin, layanan AKDP Langsat Manis juga ke Terminal Gambut Barakat (Jalan A Yani Km 17) ke Terminal Tanjung pada pukul 14.00 Wita dan pukul 18.30 Wita.

Kemudian, Terminal BRT Simpang 4 Banjarbaru ke Tanjung pada pukul 14.50 Wita dan pukul 19.20 Wita. Begitupula, Terminal Pasar Blauran Martapura ke Tanjung pada pukul 15.30 Wita dan pukul 20.00 Wita.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/11/20/gantikan-taksi-colt-lawas-perdana-angkut-penumpang-dari-terminal-mabuun-ke-terminal-km-6-banjarmasin/
Penulis Herry Yusminda
Editor Siti Nurdianti

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.