Digelar 2 Hari, Bamasung 5 Tahun 2023 Arungi Sungai Tabalong Bakal Diikuti Peserta se-Kalsel  

0

EVEN tahunan Balarut Maharagu Sungai (Bamasung) 5 tahun 2023 akan kembali digelar Komunitas Jelajah Tabalong selama dua hari pada 25-26 November 2023 mendatang.

BAMASUNG sendiri merupakan kegiatan kampanye lingkungan yang dilakoni aktivis pencinta lingkungan serta elemen masyarakat dalam membangun kesadaran pentingnya menjaga sungai dan ekosistemnya di Kabupaten Tabalong.

Ketua Pelaksana Bamasung 5 Tahun 2023, Ismitullah mengungkapkan Komunitas Jelajah Tabalong bersama elemen masyarakat akan tetap menggelar kegiatan mengarungi Sungai Tabalong sepanjang 25 kilometer pada tahun ini.

“Untuk titik awal keberangkatan direncanakan berlokasi di Jalan PDAM Kelurahan Agung, river camp di Desa Pamarangan pada hari pertama,” ucap Ismitullah dalam keterangannya, Minggu (19/11/2023).

BACA : Angkut 1 Ton Sampah dari Sungai Tabalong, Ini Para Pemenang Bamasung 3 Tahun 2021

Berlanjut pada hari kedua menuju titik finish di Desa Sungai Buluh, Kecamatan Kelua. Sama seperti tahun sebelumnya, Ismitullah mengatakan pihaknya menyediakan hadiah bagi juara lanting terbaik, pengumpulan sampah terbanyak, serta orasi atau kampanye terbaik dan beragam door prize bagi para peserta.

“Nantinya ada sebanyak 26 lanting yang masing-masing ada 4 peserta dalam satu lanting, sedangkan peserta merupakan relawan UPBS di Tabalong,” tutur Ismitullah.

Dia menyebut peserta Bamasung 5 tahun 2023 juga diikuti dari kalangan mahasiswa pencinta alam (mapala) maupun organisasi pencinta alam (orpala) dari berbagai daerah di Provinsi Kalimantan Selatan.

BACA JUGA : Dilepas Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani : Even Bamasung Bisa Diagendakan Tiap Tahun

“Tak hanya Kabupaten Tabalong sebagai tuan rumah, para peserta juga datang dari berbagai daerah di Kalsel. Saat ini, persiapan kegiatan sudah 90 persen meliputi persiapan sarana penunjang seperti ban dalam, administrasi para peserta hingga pemantauan kondisi debit dan arus sungai,” papar Ismitullah.

BACA JUGA : Bamasung 2020 Berhasil Angkut Ratusan Kilo Sampah dari Sungai Tabalong

Selain peralatan yang akan digunakan para peserta Bamasung 5 tahun 2023, Ismitullah mengatakan pihaknya juga telah memasang spanduk serta persiapan administrasi lainnya.

“Kami terus memantau debit air sungai khususnya di Sungai Tabalong serta rute-rute yang akan dilewati para peserta Bamasung 5 Tahun 2023,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.