Dilepas Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani : Even Bamasung Bisa Diagendakan Tiap Tahun

0

BUPATI Tabalong Anang Syakhfiani mengibarkan bendera start tanda dimulainya kegiatan Balarut Maharagu Sungai (Bamasung) 3 tahun 2021, Sabtu (27/11/2021).

AKSI menyusuri aliran Sungai Tabalong sepanjang 25 kilometer dimulai dari Teluk Dalam, Kelurahan Sulingan, Kecamatan Murung Pudak hingga berakhir di Desa Pudak Setegal, Kecamatan Kelua. Ada 27 lanting diturunkan dalam kegiatan ini termasuk panitia. Setiap lanting atau rakit terapung diisi lima orang.

Bupati Anang Syakhfiani saat mengibarkan bendera start sekaligus melepas peserta Bamasung di Teluk Dalam, Sulingan mengaku salut dan mengapresiasi kegiatan yang dimotori para pencinta alam ini.

“Luar biasa anak muda, membuat satu inisiatif untuk melakukan kegiatan ini. Mereka ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat Tabalong bahwa sungai ini harus diharagu (dijaga). Jangan buang sampah ke sungai, kemudian tanam tumbuhan yang tidak membuat sungai dilanda erosi,” ujar Anang.

BACA : Libatkan Pecinta Alam dan Komunitas Sosial, Jelajang Tabalong Kembali Gelar Ajang Bamasung

Dia berharap kegiatan Bamasung ini, terus dilanjutkan setiap tahun. Ini karena, tujuan dari kegiatan ini memberi edukasi kepada masyarakat pentingnya menjaga Sungai Tabalong serta alam sekitar.

“Saya ingatkan kepada para peserta Bamasung 3 untuk mematuhi protokol kesehatan selama kegiatan ini,” ucap Anang.

Ketua Panitia Pelaksana Bamasung 3 Tahun 2021, Haris Fadillah menuturkan, para peserta saat menyusuri sungai juga akan menanami bibit pohon di bantaran sungai.

BACA JUGA : Bamasung 2020 Berhasil Angkut Ratusan Kilo Sampah dari Sungai Tabalong

“Mereka menanam pohon dibantaran sungai. Begitu mereka melihat wilayah gersang, langsung singgah di situ dan bisa menanam bibit di sana, tapi sifatnya tentatif saja,” ucap Haris.

Haris mengatakan pihaknya turut membekali karung bekas untuk para peserta memungut sampah yang ada di Sungai Tabalong. “Jadi sambil menyusuri sungai juga mereka memungut sampah di sungai,” imbuhnya.

Dalam kegiatan Bamasung kali ini turut dilombakan seperti, lanting terheboh, lanting terbaik dan pemungut sampah terbanyak.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.