Bamasung 2020 Berhasil Angkut Ratusan Kilo Sampah dari Sungai Tabalong

0

SEBANYAK 201 kilogram sampah plastik berhasil di angkut dan dibersihkan dari Sungai Tabalong.

KEGIATAN
membersihkan Sungai Tabalong dari sampah plastik ini merupakan bagian dari kegiatan Bamasung 2020.

Ketua Panitia Bamasung 2020, M Jamani mengatakan Bamasung ini merupakan kegiatan Balarut Maharagu Sungai yang dilaksanakan oleh Komunitas Jelajah Tabalong dengan didukung Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat.

“Dalam kegiatan ini peserta yang berjumlah 15 tim ini balarut disungai sembari membersihkan sampah yang ada di sungai Tabalong,” ujarnya kepada awak media, Senin (28/12/2020).

BACA : Diguyur Hujan Lebat, Bupati Tabalong Buka Kegiatan Bamasung 2020

Ratusan kilogram sampah plastik yang dibersihkan dari sungai ini didapat dalam dua hari pelaksanaan kegiatan ini yakni dari tanggal 26 dan 27 Desember 2020.

“Sebenarnya sangat banyak sampah yang telah berhasil kita angkut, namun yang kita timbang dan dinilai hanya sampah plastik saja,” katanya.

Jamani mengungkapkan, sampah-sampah platik yang telah berhasil diangkut ini kebanyakan adalah kantong kresek serta botol-botol bekas.

Selain itu tambahnya ada juga plastik bekas kemasan makanan ringan dan juga karung-karung bekas.

“Selanjutnya sampah-sampah itu kami serahkan kepada Dinas Lingkungan Hidup Tabalong untuk diangkut ke tempat pembuangan akhir,” jelasnya.

BACA JUGA : Tabalong Akan Gelar Kegiatan Balarut Maharagu Sungai

Jamani berharap, dengan adanya kegiatan ini, tingkat kesadaran masyarakat untuk dapat melastarikan Sungai Tabalong semakin meningkat terutama terhadap mereka yang bertempat tinggal di bantaran sungai.

“Kegiatan ini juga sebagai wujud kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar, mengurangi dampak pencemaran terhadap lingkungan sekitar, menyadarkan masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitar agar menjadi baik, mengajak masyarakat untuk membudayakan buang sampah pada tempatnya dan menjaga kelestarian air dan ketersediaan air,” pungkasnya.

Sementara dari kegiatan ini didapat peserta yang menjadi tim terbaik pada kegiatan Bamasung 2020 ini adalah tim dengan rakit terbaik dan yang terbanyak mengangkut sampah plastik.

Dengan menggunakan rakit yang terbuat dari enam buah ban dalam ukuran besar yang sudah dirangkai sekreatif mungkin oleh masing-masing tim, seluruh peserta mengarungi Sungai Tabalong sejauh 17 kilometer seraya memungut sampah yang ada di aliran dan bantaran sungai.

Untuk tim dengan rakit terbaik diraih Rescue 361 Agung, PDAM Tabalong dan Repala Barata. Sedangkan tim terbanyak memungut dan memilah sampah di sungai diberikan kepada DKR Bintang Ara, PDAM Tabalong dan Orpala Meratus Hijau.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.