Jalin Silaturahmi, ORARI Gelar HAM Banjarbaru Festival 2023

0

WALIKOTA Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin membuka secara resmi HAM Banjarbaru Festival Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Organisasi Amatir Radio Republik Indonesia (ORARI) di Halaman Gedung Olah Raga (GOR) Rudi Resnawan Kota Banjarbaru pada Sabtu (11/11/2023).

BERTUJUAN menambah wawasan, pengalaman, pengetahuan serta mempererat tali silaturahmi antar sesama anggota ORARI, kegiatan ini dirangkai dengan berbagai perlombaan dan diskusi ilmiah terkait radio amatir dan segala aspeknya.

“Mudah-mudahan kegiatan ini mampu mempererat kebersamaan sekaligus mampu menambah wawasan untuk semua anggota ORARI yang mengikuti kegiatan ini,” ujar Walikota Banjarbaru.

BACA : Walikota Banjarbaru Ajak Seluruh Elemen Gelorakan Semangat Pahlawan

Adapun berdasar data ORARI Lokal Banjarbaru jumlah anggotanya adalah sekitar 200 orang, namun tidak semua terdaftar sebagai anggota ORARI karena ada beberapa anggota yang habis masa keanggotaannya. Hal tersebut disebabkan terkendala biaya perpanjangan untuk menjadi anggota ORARI.

“Insya Allah kita akan membantu 25 juta rupiah untuk konsolidasi, meningkatkan kapasitas dan untuk memperpanjang keanggotaannya,” ucap orang nomor satu di Banjarbaru.

Dengan bantuan ini, Aditya berharap dapat mempermudah operasional ORARI Lokal Banjarbaru sehingga bisa lebih baik lagi dan berguna bagi semua.

Aditya juga menyampaikan bahwa ORARI dapat menjadi  mitra Pemerintah yang solid, dapat diandalkan dan dapat menyebarkan informasi pembangunan kepada masyarakat.

BACA JUGA : Walikota Banjarbaru Ingatkan PNS Dan PPPK Untuk Menjunjung Tinggi Profesionalitas Dan Integritas

“Apalagi bahwa tahun 2024 dilaksanakan Pemilu sehingga informasi yang beredar dimasyarakat sangatlah penting kebenarannya. Untuk itu sebagai salah satu insan komunikasi diharapkan dapat berkontribusi terhadap penyaringan informasi kepada masyarakat. Memberikan filter informasi kepada masyarakat. Berikan yang benar itu benar dan salah itu salah, jangan sebaliknya sehingga timbul berita hoax,” pinta Aditya.

Sementara itu, Ketua ORARI Lokal Banjarbaru Endyah Wahyu Ningsih mengaku senang dan berterima kasih kepada Pemerintah Kota Banjarbaru karena memberikan bantuan sehingga kegiatan HAM Banjarbaru Festival tahun 2023 ini dapat terlaksana dan telah mendukung ORARI Lokal Banjarbaru sehingga tetap eksis.

“Alhamdulillah, bantuan ini akan kami gunakan sebaik mungkin untuk keperluan ORARI,” ucap Endyah.

Endyah menjelaskan kegiatan HAM Banjarbaru Festival tahun 2023 ini diikuti oleh seluruh anggota ORARI di Kalimantan Selatan dan sebagian ada dari Kalimantan Tengah.

BACA LAGI :  Berhasil Tekan Inflasi, Pemkot Banjarbaru Mendapat Suntikan Dana Insentif Rp 9,6 Miliar

“Sebagai upaya untuk mempererat tali silaturahmi dan uji kerampilan  anggota ORARI,” sebutnya.

Untuk uji keterampilan, rinci Endyah ada 3 jenis perlombaan yang dapat diikuti yakni slalom test yaitu lomba yang menggunakan radio directorial finder (perangkat radio-Handy Talkie) untuk membidik beberapa penerima dengan mengatur jarak pemancar dan penerimanya, set up emergency merupakan perlombaan yang mengutamakan kebersamaan dalam mempersiapkan komunikasi untuk keadaan gawat darurat, dan Atari yaitu merupakan pengetahuan umum terkait ORARI dan perangkat radio.

Terpisah, Kepala Dinas Kominfo Banjarbaru menambahkan dengan adanya kehadiran ORARI Lokal Banjarbaru ini dapat menyadi media penyeimbang untuk memberikan informasi publik lebih luas.

Diketahui Kegiatan HAM Festival Banjarbaru ini adalah yang pertama kali dilakukan di Wilayah Kalimantan Selatan dan yang ke 2 untuk wilayah Kalimantan. Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi ORARI Lokal Banjarbaru dan Pemerintah Kota Banjarbaru.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.