Bupati HST Terima Insentif Fiskal Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Rp 5,7 Miliar

0

WAKIL Presiden RI Ma’ruf Amin menyerahkan penghargaan kinerja insentif fiskal kategori upaya percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem kepada Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) Aulia Oktafiandi di Jakarta.

SEBAGAI bentuk penghargaan, pemerintah pusat menyerahkan dana insentif percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem tahun 2023 sebesar Rp 5,7 miliar kepada Bupati HST Aulia Oktafiandi di Istana Wapres RI, Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Wapres Ma’ruf Amin yang juga Ketua Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) mengingatkan kembali terkait perkembangan pencapaian target penurunan kemiskinan nasional

Berdasarkan laporan BPS, tingkat kemiskinan nasional per Maret 2023 baru mencapai 9,36 persen, sementara target RPJMN 2020-2024 adalah 6,5 persen sampai dengan 7,5 persen. “Untuk itu, perlu pendekatan kebijakan khusus melalui berbagai program di kementerian/lembaga dan pemda,” kata Wapres RI.

BACA : Datangi Kementerian PUPR, Bupati HST Audiensi Usulan Bendungan Pancur Hanau

Pengentasan penduduk miskin di wilayah perdesaan cenderung tertinggal dibandingkan wilayah perkotaan. Artinya, perlu perhatian pada intervensi di wilayah perdesaan, antara lain melalui optimalisasi implementasi dana desa untuk mempercepat penurunan kemiskinan di perdesaan,” papar Wapres Ma’ruf Amin.

Dia memerintahkan kepada pemerintah daerah untuk menjalankan refokusing anggaran 2024 agar lebih berpihak pada wilayah perdesaan.

“Prioritaskan desa dengan jumlah rumah tangga dalam kategori desil 1 dan 2, serta afirmasi pada kantong kemiskinan dan wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar,” kata mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat ini.

BACA JUGA : 2 Tahun SKPD Pemkab HST Lowong Hanya Diisi Pelaksana Tugas Diadukan DPRD ke KASN

Menurut Ma’ruf Amin, apresiasi diberikan kepada seluruh kepala daerah yang telah berkinerja baik hingga berhasil mendapatkan insentif fiskal.

“Adanya insentif fiskal ini dapat mendorong kinerja lebih baik lagi, serta menjangkau kelompok keluarga miskin lebih banyak melalui berbagai program di daerah,” ujar mantan Rais Aam PBNU ini.

Usai menerima penghargaan kinerja insentif fiskal kategori percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem tahun 2023, Bupati HST Aulia Oktafiani memastikan dana itu akan difokuskan untuk bisa menurunkan tingkat kemiskinan ekstrem di daerahnya.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.