Masyarakat Diajak Untuk Ikut Terlibat Dalam Penanganan Kecelakaan Di Air

0

SEKRETARIS Daerah Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman, membuka Rapat Koordinasi SAR Daerah dan Penyusunan Rencana Kontingen Tahun 2023.

RAPAT yang bertemakan ‘Kita Tingkatkan Sinergitas Kerjasama dan Kolaborasi Dalam Penyelenggaraan Operasi SAR di Wilayah Kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin’, dilaksanakan di Hotel G’Sign Banjarmasin, Selasa (7/11/2023).

Ikhsan mengungkapkan, Kota Banjarmasin yang lekat akan julukan Kota Seribu Sungai memang memiliki banyak sungai yang semuanya bermuara di laut lepas. Terlebih, saat ini masih banyak didapati aktivitas warga yang sehari-harinya menggunakan transportasi di perairan.

BACA: Jelang Lebaran Idul Fitri 1444 H, Basarnas Banjarmasin Gelar Apel Siaga

Untuk itu, dengan kondisi demikian, ujarnya sangat mungkin apabila terjadi musibah kecelakaan kapal di perairan dalam skala besar. Meskipun hal tersebut sangat tidak dikehendaki. “Melalui kegiatan ini, kita dapat mengukur kapasitas yang dimiliki dalam menghadapi kecelakaan kapal di perairan,” kata Ikhsan.

“Sehingga kebutuhan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan ketika terjadi kecelakaan kapal di perairan dapat terpenuhi,” tambahnya.

Lebih lanjut, Ikhsan menilai bahwa menyelamatkan jiwa manusia bukan menjadi tugas pokok Basarnas saja, melainkan menjadi tanggung jawab seluruhnya. “Antar instansi juga harus turut berperan serta dalam kesuksesan penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan kecelakaan kapal di perairan,” jelasnya.

“Saya berharap kedepannya koordinasi antar instansi di lapangan pada saat terjadi kecelakaan kapal di perairan dapat terorganisir dengan baik, dan setiap instansi dapat berperan sebagaimana mestinya, sesuai dengan tugas dan fungsinya masing -masing,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Fery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.