Launching LANTINGKUU, Mujiyat Harap Angka Stunting Turun

0

PENJABAT (Pj) Bupati Barito Kuala (Batola) Mujiyat mengatakan, aplikasi LANTINGKUU mendukung percepatan penurunan stunting melalui ketepatan data penderita stunting dan penanganannya.

“Sebagaimana diketahui bersama, angka stunting di Kabupaten Batola tertinggi dari kabupaten/kota di Kalimantan Selatan,” ungkap Mujiyat saat dikonfirmasi di Marabahan, Jumat (3/11/2023).

Mujiyat mengatakan, Pemkab Batola telah menindaklanjuti penanganan stunting dengan melalui rembuk stunting bersama TPPS kabupaten dan kecamatan, serta desa lokus sesuai Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 mengenai percepatan penurunan stunting.

BACA: Pj Bupati Barito Kuala Tekankan Masyarakat Cegah Stunting

Dia juga menyampaikan Pemkab Batola melalui seluruh SKPD berupaya bersama-sama untuk melakukan pencegahan dan penurunan stunting melalui intervensi gizi spesifik dan intervensi gizi sensitif guna menurunkan angka stunting di Kabupaten Batola.

Kerja sama seluruh pihak pada 30 desa lokus harus dilakukan, percepatan penurunan stunting dengan mendayagunakan sumber daya pembangunan di seluruh desa. “Kerja sama semua pihak sangat diperlukan menjadi satu kesatuan yang terintegritasi mulai dari SKPD, camat, kepala desa, para pelaku usaha dan juga elemen masyarakat,” tegasnya.

Status gizi dan kesehatan ibu dan anak, merupakan penentu kualitas sumber daya manusia. “Dengan demikian hal itu diperlukan dalam rangka menyiapkan generasi produktif berkompeten untuk menyambut bonus demografi 2030 nanti,” ucap Pj Bupati Batola ini.

BACA JUGA: Batola Maksimalkan Tangani Stunting Dan Kemiskinan Ekstrem

Lebih lanjut, Mujiyat meminta seluruh SKPD pengampu stunting agar memanfaatkan aplikasi LANTINGKUU. Ditekankan dengan selalu mengupdate data penanganan stunting secara cepat dan tepat, agar permasalahan penanganan stunting diketahui secara dini dan dapat diselesaikan segera.

Mujiyat mengajak untuk saling berkolaborasi dan bersinergi dalam mendukung upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Batola, sehingga menjadi kabupaten bebas stunting.

Mujiyat mengapresiasi peresmian aplikasi LANTINGKUU yang diinisiasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Batola.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.