4 Pemilik Akun Medsos Diamankan, Polisi Terus Buru Jaringan Geng Motor Teror Warga

0

PERBURUAN terhadap anggota atau jaringan geng motor yang belakangan ini meresahkan warga Kota Banjarmasin dan sekitarnya, terus dilakoni polisi.

ANCAMAN geng motor yang tersiar di media sosial (medsos) berisi ‘aksi balas dendam’ dan teror atas penangkapan anggotanya ditelusuri polisi.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian Ryacudu Djajadi memastikan tindakan tegas terhadap diduga pelaku atau anggota geng motor akan diterapkan polisi.

“Bagi yang terbukti melakukan tindak pidana, tentu tidak mengenyampingkan perbuatan pidana yang dilakukan bersangkutan. Kami juga memedomani kalau pelaku di bawah umur, tentu ada aturan tersendiri dalam penanganannya,” kata Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi kepada awak media di Banjarmasin, Jumat (27/10/2023).

Mantan Direktur Tipidum Bareskrim Polri ini mengakui sebagian besar dari pelaku rata-rata anak di bawah umur atau anak berhadapan hukum (ABH). Rian, sapaan akrab perwira tinggi Polri ini mengatakan dalam penanganan ABH tak hanya melibatkan Polresta Banjarmasin namun juga Pemkot Banjarmasin.

BACA : 15 Remaja Diduga Anggota Geng Motor Diamankan Tim Gabungan dari Gang Ampera IV Basirih

“Termasuk dinas terkait, para orangtua dan pihak sekolah. Ini demi agar bisa bersama-sama membina anak-anak tersebut agar tak melakukan perbuatan serupa,” tutur Rian.

Dia mengingatkan agar lokasi yang menjadi titik kumpul anak geng motor perlu penanganan khusus. Ambil contoh, kawasan Pasar Sudimampir agar tidak menjadi tempat yang menyeramkan. “Kawasan Pasar Sudimampir itu harus dibuat terang. Kami juga akan bikin pos di sana, agar tidak lagi ditongkrongi mereka,” kata mantan Kapolsek Batulicin Polres Kotabaru ini.

BACA JUGA : Garang Saat Membegal Bahkan Sampai Live di Medsos, Geng Motor Tertunduk di Hadapan Polisi

Terkait akun medos yang menebar terror dan ancaman, Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo Martosumito mengatakan pihaknya telah mengamankan 4 pemilik akun.

“Tracing (penelusuran) terus kita lakukan, sekarang sudah ada empat pemilik akun yang kita amankan,” kata mantan Kapolres HST ini.

Sebelumnya, Satreskrim Polresta Banjarmasin dari aksi penangkapan bersama tim gabungan telah mengamankan 14 pelaku terduga geng motor. Mereka terlibat dalam aksi penyerangan di sejumlah tempat dari titik awal di Jembatan Sudimampir (Pangeran Antasari).

BACA JUGA : Buru dan Tumpas Geng Motor Resahkan Warga, Polda Kalsel-Polresta Banjarmasin Bentuk Tim Gabungan

Mereka konvoi naik motor dengan menenteng sajam jenis clurit, mandau dan belati. Konvoi geng motor ini menyusuri rute Pekauman, Jalan Veteran, Pengambangan hingga di Gang Pusara, Jalan Kuin Selatan pada Minggu (22/10/2023) dini hari.

Aksi geng motor yang menamakan diri Sudimampir Mistery dan Pasber ini melukai 5 korban. Di tempat kejadian perkara (TKP) Pengambangan, ada 3 remaja diserang oleh geng motor ini.

Sementara, di TKP Gang Pusara Kuin Selatan, terdapat 1 korban yang mengalami luka-luka akibat sabetan sajam. Penyerangan juga dilakukan di Jalan Veteran, Gang Sepakat Jalur III, Kelurahan Kuripan mengakibatkan 1 orang terluka.

BACA JUGA : Pertaruhan Predikat Banjarmasin Baiman, Antropolog ULM Sebut Fenomena Geng Motor Patut Ada Sanksi Sosial

Ironisnya, aksi brutal dan anarkis itu malah diupload di akun IG @team27pasber yang sebelumnya bernama @bjmsociety. Dalam melancarkan aksi, para pelaku terlebih dulu pesta miras oplosan di titik kumpul. Bahkan, lewat  akun IG @team27pasber juga disiarkan secara live aksi anarkis geng motor ini hingga ditonton 118 pengunjung.

Dari 12 tersangka yang menyerang dan melukai warga, terdapat anggota perempuan dan 3 ABH. Hingga petugas gabungan berhasil menyita 3 unit motor dan 4 sajam sebagai barang bukti. Hingga diketahui Geng Pesbar 027 ini diketuai Syahriandi berdiri pada 2017. Sang ketua geng saat ini mendekam di Lapas Teluk Dalam Banjarmasin dalam kasus penganiayaan.

BACA JUGA : Cegah Kenakalan Remaja, Satpol PP Banjarmasin Intensifkan Patroli di Titik-Titik Rawan

Terungkapnya keberadaaan geng motor tidak terlepas kerjasa ma tim Resmob Polda Kalsel, Macan Resta Banjarmasin dan Opsnal Polsek-polsek. Bahkan, polisi pun mengantongi nama masing-masing ketua aktif dari geng motor ini.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/10/27/4-pemilik-akun-medsos-diamankan-polisi-terus-buru-jaringan-geng-motor-teror-warga/
Penulis Iman Satria
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.