Peringati Hari Santri Nasional 2023, PPP Gelar Jalan Santai Batapih di Martapura

0

HARI Santri Nasional (HSN) yang jatuh setiap tanggal 22 Oktober berdasar Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2015, merespons Resolusi Jihad yang dikeluarkan Hadratus Syekh KH Hasyim Asy’ari diperingati dengan beragam cara.

SEPERTI jajaran DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kalimantan Selatan dan DPC PPP Kabupaten Banjar menghelat jalan santai batapih atau bersarung dipusatkan di Stadion Mini Barakat, Martapura, Jumat (27/10/2023) pagi.

Tampak hadir, anggota DPR RI Fraksi PPP Syaifullah Tamliha serta pengurus DPW PPP Kalsel dan DPC PPP Kabupaten Banjar, alim ulama, habaib dan tokoh masyarakat di atas panggung utama.

Kegiatan jalan santai batapih ini diawali dengan pembacaan syair-syair maulid dan disiarkan secara live di kanal YouTube oleh Al Mudaffa TV.

BACA : Diusung PPP di Pemilu 2024, Syaifullah Tamliha Ditarget Raih Kursi DPR RI di Dapil Kalsel 1

Pengibaran bendera start dilakukan oleh Rais Syuriah PCNU Kabupaten Banjar, KH Muhammad Husien dan Ketua PCNU Kabupaten Banjar H Nuryadi Basri menandai dimulainya jalan santai batapih dari Stadion Mini Barakat, Martapura.

Dalam sambutannya, Syaifullah Tamliha mengungkap digelarnya jalan santai batapih dengan pakaian muslim (taluk balanga) putih dan peci haji serta jubah merupakan tradisi yang kental pada dunia santri pondok pesantren (ponpes).

“Kota Martapura merupakan kota santri di Kalsel, sehingga tradisi pakai sarung atau batapih ini dilestasikan lewat jalan santai batapih,” kata anggota Komisi VIII DPR RI ini.

BACA JUGA : Bukber Dengan Mahasiswa Kalsel Di Jakarta, Syaifullah Tamliha : Kembali Ke Daerah Harus Jadi Pemimpin Visioner

Sedikitnya, ada sekitar 5.000 orang lebih mengikuti event jalan santai batapih yang memutari rute di Kota Martapura, ibukota Kabupaten Banjar. Peserta diikuti para santri dari berbagai ponpes di Kabupaten Banjar dan Banjarbaru, termasuk ada pula datang dari Banjarmasin.

Jalan santai batapih ini memperebutkan hadiah paket umrah, serta hadiah hiburan berupa sepeda motor, lemari es, sepeda, kipas angin, magic com (penanak nasi), setrika, tumbler, payung, sarung, blender serta hadiah menarik lainnya. Pengundian hadiah itu berlangsung di atas panggung utama ketika panitia membacakan para pemenang hadiah jalan santai batapih, baik dari peserta laki-laki maupun perempuan.

BACA JUGA : Berbiaya Rp 100 Miliar, Asrama Putri Sekolah Pendidikan Muadalah Darussalam Martapura Dibangun

Bendahara Panitia Jalan Santai Batapih PPP, Muhammad As’adi mengungkapkan kegiatan jalan santai batapih ini disambut antusiasme masyarakat, terbukti ada ribuan orang ikut serta.

“Alhamdulillah, jalan santai batapih berjalan lancar dengan 5.000 lebih peserta memperebutkan 460 pcs hadiah. Sebagai pemenang utama paket umrah adalah Fitriansyah yang merupakan warga Banjarmasin dan bekerja buruh harian lepas,” kata As’adi kepada jejakrekam.com, Jumat (27/10/2023).(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.