Penertiban PKL Kawasan Jalan Anang Adenansi, Lokasi Pemindahan Masih Dirumuskan

0

RAMAI tentang kabar bagaimana nasib selanjutnya dari para pedagang kaki lima (PKL) kawasan Kamboja, setelah puluhan tahun berdangang di sepanjang Jalan Anang Adenansi, rencananya akan direlokasi Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin.

SEKRETARIS Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman menjelaskan, hal ini telah dibahas sebelumnya, untuk menindaklanjuti penertiban PKL ini. “Kami mencoba memikirkan secara menyeluruh, di satu sisi keberlangsungan para PKL untuk bisa terus berjualan jadi pertimbangan,” ucapnya, Kamis (26/10/2023).

Dirinya melihat ini perlu menjadi pertimbangan, karena mereka telah berjualan sangat lama hingga lebih dari satu generasi di sana. Namun dilemanya adalah pada trotoar, yang baru saja selesai dibangun di kawasan tersebut.

“Di satu sisi keindahan kota kita juga perlu kita lihat, karena di situ ada trotoar yang baru kita bangun,” ujarnya.

BACA: Pemkot Banjarmasin Jangan Hanya Bisa Gusur PKL Jalan Anang Adenansi Tanpa Berikan Solusi

Oleh karena itu, relokasi adalah jalan terbaik saat ini yang bisa ditawarkan kepada para PKL di kawasan Jalan Anang Adenansi. “Intinya mereka tetap bisa berjualan, namun tidak menggangu akan hal lainnya,” tuturnya.

Dikatakan Ikhsan, untuk opsi lokasi pemindahan dari para PKL ini masih dalam proses perumusan. “Tidak bisa saya sampaikan di sini, dimana saja tempatnya, karena peninjauan lapangan dulu kan,” jelasnya.

“Mungkin nanti dimana tempatnya, biar teman-teman teknis yang memikirkan,” sambungnya.

BACA JUGA: 70 PKL Sepanjang Jalan Anang Adenansi Segera Ditertibkan, Satpol PP Siapkan Opsi Relokasi

Sementara itu Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Banjarmasin Ahmad Muzaiyin menerangkan, hingga saat ini penindakan di lapangan masih sebatas sosialisasi.

“Nanti penertibannya akan kami lakukan bertahap, masih sosialisasi, belum masuk ke tahap hingga SP 1,” ucapnya.

“Yang pastinya relokasi ini akan dilakukan, namun masih menunggu persetujuan dari pimpinan untuk tempat dan lokasinya,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.