Tinggal Finishing, November Nanti MPP Banjarmasin Segera Soft Launching

0

SETELAH mandek selama bertahun-tahun, pmbangunan Mall Pelayanan Publik (MPP) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin akan segera rampung.

SEBELUMNYA, rencana pengadaan MPP ini telah ada sejak Tahun 2019, yang merupakan instruksi langsung Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI. Namun karena banyaknya kendala dalam proyek pengadaan ini, membuat pengerjaan MPP yang juga merupakan salah satu program prioritas Pemkot Banjarmasin ini, baru bisa dimulai pada pertengahan Tahun 2023.

Memasuki penghujung tahun, lantas bagaimanakah progres dari proyek yang menelan biaya Rp 4,4 miliar dari APBD murni Kota Banjarmasin tahun 2023 ini?

BACA: Target 5 Bulan Ubah Mitra Plaza Jadi MPP, Dinas PUPR Banjarmasin Benahi Jaringan Kelistrikan

Disampaikan oleh, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin Suri Sudarmadiyah, bahwa sampai saat ini progres pengerjaan bangunan telah mencapai 90 persen. “Tinggal menyambung beberapa Mechanical Electrical (ME), sekaligus finishing akhir,” ucapnya, Selasa (24/10/2023).

Suri menyebut, nanti di sana akan ada sekitar 19 hingga 20 sekat, untuk mengakomodir instansi yang akan menempati. “Ini masih akan kami koordinasikan lagi bersama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP),” ungkapnya.

Pada pertengahan November nanti akan sudah dilakukan soft launching dari MPP ini. “Namun itu nantinya belum sepenuhnya berjalan, karena dari instansi vertikal lain harus menandatangani PKS serta MOU terlebih dahulu, untuk mereka ada di situ,” jelasnya.

“Kalau instansi dari kita bisa langsungkan, yang pastinya di tahun ini juga bisa beroperasi penuh, kemungkinan di Desember nantinya,” tandasnya.

BACA JUGA: Sudah Tayang Di SiRUP, 26 Instansi Telah Nyatakan Siap Bergabung Di MPP Banjarmasin

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Kota Banjarmasin Ari Yani menuturkan, bahwa di dalam MPP itu nantinya akan ada beberapa fasilitas penunjang. “Mulai dari mebeler yang isinya ruang tunggu, pojok baca, hingga fasilitas bagi disabilitas, serta juga akan ada media informasi,” ucapnya.

Nantinya akan ada beberapa instansi yang mengisi gerai serta tempat yang disediakan. “Mulai Polresta Banjarmasin, Dukcapil, DPMPTSP, Pengadilan Agama, PDPAL, BPKPAD, dan sebagainya,” ujarnya

Ari Yani menyakinkan, bahwa MPP ini diharapakan dapat memudahkan pelayanan bagi masyarakat. “Karena di sini pelayanan sudah terarah pada satu titik,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Fery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.