Sudah Tayang Di SiRUP, 26 Instansi Telah Nyatakan Siap Bergabung Di MPP Banjarmasin

0

PEMBANGUNAN Mall Pelayanan Publik (MPP) Banjarmasin kini sudah dipastikan akan berada di Gedung Mitra Plaza, Jalan Pangeran Antasari, Kecamatan Banjarmasin Tengah.

SETELAH sebelumnya mendapatkan kabar miring, akan di lakukan pemindahan tempat karena adanya dugaan masalah gugatan. Namun Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banjarmasin Ari Yani, memastikan MPP akan dibangun di gedung Mitra Plaza.

“Pengadaannya di eks gedung Mitra Plaza. Di lantai dasar,” ucapnya Kamis (13/4/2023).

Dimana ia juga memperkirakan untuk proyek MPP kemungkinan akan rampung di bulan Desember mendatang, berdasarkan hasil rapat yang beberapa waktu lalu diadakan oleh pihaknya. “Untuk operasional, mungkin pada akhir Desember. Semacam soft opening,” ujarnya.

BACA: Tanda Tanya Besar, Kenapa MPP Banjarmasin Tak Bisa Terealisasi di Mitra Plaza, Ada Apa?

Dalam prosesnya Ari Yani telah mengungkapkan, untuk kesiapan pembangunan di sana proses dan persyaratan telah terpenuhi sambil berjalan. “Diantaranya, ada kesediaan dari instansi vertikal maupun instansi lainnya yang menyatakan untuk bergabung,” ungkapnya.

Yang mana juga hingga sejauh ini telah ada sebanyak 26 instansi yang akan mengisi tempat di MPP Banjarmasin ini. “Sebagian diantaranya yakni, Kejaksaan Negeri, Polresta Banjarmasin, BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan, Pengadilan Agama, PTAM, PDPAL, BPKPAD, Disdukcapil dan sebagainya,” tambahnya.

Dari sini Ari Yani mengharapkan, agar MPP ini dapat di kerjakan secepat mungkin, mengingat nantinya ini akan menjadi tempat yang akan memudahkan pelayanan kepada masyarakat yang terkait langsung dengan instansi terkait. “Mudah-mudahan Dinas PUPR bisa lebih cepat dalam melaksanakan pembangunan atau pengadaan MPP itu,” harapnya.

Terpisah, Kepala Dinas PUPR Banjarmasin Suri Sudarmadiyah mengatakan bahwa saat ini, pengadaan MPP sudah tayang di aplikasi sistem informasi rencana umum pengadaan berbasis web (SiRUP).

Menambahkan Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Suri Sudarmadiyah juga mengatakan untuk saat ini, pembangunan MPP ini sudah berada dalam aplikasi sistem informasi rencana umum pengadaan berbasis web (SiRUP). “Termasuk pula anggarannya,” ujarnya.

Jika melihat dari situ anggaran untuk MPP ini sebesar Rp 4,4 miliar, bersumber dari APBD tahun 2023. “Insyaallah pengadaannya diwujudkan tahun ini,” tutupnya.

BACA JUGA: Sudah Jatuh Tempo, DPRD Banjarmasin Tagih Kajian Teknis MPP di Mitra Plaza atau Disdukcapil

Untuk diketahui. Pengadaan MPP merupakan instruksi langsung dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI.

Oleh Pemkot Banjarmasin, sebenarnya rencana pengadaan sudah ada sejak tahun 2019 lalu. Namun, lantaran adanya pandemi covid-19 hingga refocusing anggaran, realisasinya pun tertunda.

Adapun tujuan pengadaan MPP, agar antar instansi pemerintah bisa saling berkolaborasi, guna menciptakan pelayanan yang cepat bagi masyarakat.

Secara sederhana, semua hal bisa diurus di MPP. Tidak mesti harus pergi ke kantor atau langsung mendatangi instansi terkait. Karena di MPP, semua instansi pun digandeng.(jejakrekam)

Penulis fery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.