Masuki Musim Penghujan, Obat Flu, Pilek dan Batuk Laris Manis

0

MEMASUKI musim penghujan, risiko penyakit seperti pilek dan flu mengancam ketika kondisi tubuh atau stamina menurun.

PERMINTAAN obat flu, pilek, radang tenggorakan, batuk dan lainnya saat memasuki musim penghujan meningkat cukup tajam di Banjarmasin.

Azizah, pemilik Apotek Niaga Farma di Pasar Kujajing Pasar Baru Permai, Banjarmasin mengakui saat memasuki musim penghujan diwarnai dengan terjadi perubahan kondisi pada tubuh, usai melewati masa pancaroba dari musim kemarau.

“Saat ini, para pembeli baik dari toko obat eceran maupun pelanggan banyak mencari obat antibiotik serta penurun panas semacam parasetamol dan sejenisnya. Biasanya untuk mengobati sakit plu, pilek dan batuk serta radang tenggorakan,” tutur Azizah kepada jejakrekam.com, Sabtu (3/2/2024).

Dia mengakui permintaan obat untuk penyakit musiman cukup tinggi dengan harga tergantung kualitas apakah paten atau generik, serta resep dokter.

BACA : Sikapi Larangan Konsumsi Obat Sirup, Wakil Direktur RSI Banjarmasin Minta Warga Tak Perlu Resah

Anisa, pemilik Apotek Anugerah Niaga di Pasar Kujajing menceritakan permintaan obat-obatan berbahan parasetamol baik berbentuk pil maupun sirup cukup tinggi. Terkhusus lagi, obat-obatan untuk flu, pilek dan batuk.

“Berbeda dengan masa pandemi Covid-19 lalu, memang permintaan untuk vitamin maupun obat-obatan antibiotik tidak terlalu tinggi,” kata Anisa.

Menurut dia, banyak pula obat yang tidak dijual bebas atau terbatas edarnya karena harus memerlukan resep dokter.

“Kebanyakan permintaan obat berasal dari luar Banjarmasin, seperti untuk toko obat di Banjarbaru, Batulicin, Kotabaru dan daerah lainnya,” ucapnya.

BACA JUGA : Awal 2024 Terkonfirmasi 11 Penderita, Dinkes Sebut Kasus Covid-19 Merangkak Naik di Banjarmasin

Sementara itu, Muhammad Nasir, warga Belitung Darat mengaku tengah mencari obat-obatan untuk penurun panas, pilek dan batuk.

“Saat musim hujan seperti sekarang, terjadi perubahan pada kondisi tubuh. Jika drop, akan cepat sakit flu, pilek dan batuk hingga radang tenggorakan,” kata Nasir.

Menurut dia, obat yang paling dicari untuk anak-anak berjenis sirup. Selain itu, Nasir mengaku juga membeli vitamin dan suplemen untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap prima.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.