Gubernur Kalsel Terima Penghargaan ProKlim Dari Menteri LHK

0

GUBERNUR Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor dianugerahi penghargaan dalam Festival Program Kampung Iklim (ProKlim) 2023, oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, atas kerja keras pemerintah provinsi ini terhadap pembinaan ProKlim.

PENGHARGAAN ProKlim 2023 ini diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dirangkai dengan Peresmian Rumah Kolaborasi dan Konsultasi Iklim dan Karbon (RKKIK), yang berlangsung di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK, Selasa (24/10/2023).

Penghargaan yang diterima Gubernur Kalsel ini, sebagai apresiasi Pembinaan ProKlim Tingkat Provinsi Tahun 2023. Gubernur dinilai berpartisipasi aktif dalam melaksanakan pembinaan Kampung Iklim (ProKlim) di daerah.

BACA: Gubernur Sahbirin Noor Apresiasi Program Kampung Iklim

ProKlim merupakan program yang memberikan pengakuan terhadap partisipasi aktif masyarakat yang telah melaksanakan upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang terintegrasi, sehingga dapat mendukung target penurunan emisi GRK nasional dan meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim.

H Sahbirin selaku gubernur berkomitmen, mendukung program ini dalam rangka upaya pengembangan potensi kewilayahan di desa, untuk memperlancar proses pembangunan serta menjadi sarana produktifitas ekonomi masyarakat di wilayah desa/kelurahan.

“Kami berharap kegiatan ProKlim bisa akan membawa dampak positif kepada masyarakat di Kalimantan Selatan, dan memotivasi masyarakat dalam pemanfaatan lahan-lahan kosong di sekitar rumah dalam pemenuhan gizi keluarga,” ujar H Sahbirin Noor.

Selain Provinsi Kalsel, sembilan pemprov lain juga menerima penghargaan serupa, yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Jambi, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.

BACA JUGA: 3 Penghargaan Lingkungan Hidup Singgah Di Banjarmasin

Kemudian, diserahkan juga Piagam Apresiasi Pembinaan ProKlim Tingkat Kota kepada 13 pemkot, salah satunya Pemkot Banjarmasin. Sedangkan Piagam Apresiasi Pembinaan ProKlim Tingkat Kabupaten diserahkan kepada 42 pemkab. Di Kalsel, turut sebagai penerima yakni Pemkab Banjar, Barito Kuala, Hulu Sungai Selatan, Kotabaru, Tabalong, Pj Tanah Laut, dan Tapin.

Di acara yang sama, dari 26 dusun/desa/kelurahan Penerima Trophy ProKlim Lestari, lima diantaranya berasal dari Provinsi Kalsel. Penerima itu yakni Desa Mandi Kapau Barat, Desa Danda Jaya, Kelurahan Sungai Miai, Dusun I Desa Asri Mulya, dan Kelurahan Karang Taruna.

Untuk penerima Trophy ProKlim Utama, enam diantaranya berada di Provinsi Kalsel, yakni Desa Mandi Kapau Timur, Kelurahan Pengambangan, Desa Maburai, Desa Al-Kautsar, Desa Sungai Bakar, dan Desa Hiyung.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.