Gubernur Sahbirin Noor Apresiasi Program Kampung Iklim

0

GUBERNUR Sahbirin Noor mengajak masyarakat terus bergerak dan melakukan upaya nyata dalam rangka mengantisipasi perubahan iklim. Salah satunya adalah melalui kegiatan program kampung iklim (Proklim) Kalsel yang melibatkan kerjasama multi pihak baik pemerintah, masyarakat maupun pihak swasta. 

“PROKLIM salah satu bagian kegiatan revolusi hijau yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Kalsel,” ucap Paman Birin,  usai kegiatan apresiasi Proklim 2021, di halaman DLH Kalsel Banjarbaru, Rabu (1/12/2021).

Dengan Program Kampung Iklim ini diharapkan dapat menggugah masyarakat untuk semakin sadar arti lingkungan bersih sehat dan nyaman.“Selain itu perlunya lebih diaktifkan keterlibatan masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan dalam kegiatan Proklim ini guna menciptakan lingkungan yang hijau asri,” kata Paman Birin.

Ia berharap dengan keterlibatan semua pihak dapat dilakukan  penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak Perubahan Iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca. “Serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah,” kata Paman Birin.

BACA: 15 Kampung di Kota Banjarmasin Raih Penghargaan Proklim

Kepala DLH Kalsel Hanifah Dwi Nirwana mengatakan Kementerian LHK maupun Pemprov Kalsel memberikan apresiasi kepada mitra Proklim maupun masyarakat hingga lintas RT/RW. “Sebagaimana Gubernur Kalsel, saat ini kita sedang merasakan dampak perubahan iklim secara ekstrim salah satunya dengan semakin seringnya banjir terjadi,” kata Hanifah.

Sebab itu, salah satu caranya dengan penguatan kapasitas masyarakat dalam mengantisipasi perubahan iklim tersebut melalui kegiatan adaptasi dan mitigasi. “Melalui Proklim maka diharapkan masyarakat secara sadar dan mandiri melakukan kegiatan adaptif dan mitigasi dalam menghadapi ancaman perubahan iklim seperti menjaga kebersihan lingkungan, penghijauan, pengelolaan sampah, kegiatan ekonomi ramah lingkungan dan lainnya,” imbuh Hanifah.

Kegiatan apresiasi Proklim 2021 dihadiri perusahaan mitra Proklim se Kalsel, masyarakat serta berbagai unsur terkait lainnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Humas Pemprov Kalsel

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.