Pj Bupati Barito Utara Minta Apoteker Bisa Bekerja Lebih Profesional

0

PENJABAT (Pj) Bupati Barito Utara Muhlis menghadiri acara pelantikan Pengurus Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Barito Utara.

PROSESI pelantikan berlangsung sederhana usai para pengurus Cabang IAI Barito Utara periode 2022-2026 diketuai Achmdissan Noor Habibi dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengurus Wilayah IAI Provinsi Kalimantan Tengah, Guntur Satrio Pratomo di Aula Hotel Senyiur Muara Teweh, Sabtu (21/10/2023).

Dalam sambutannya sekaligus membuka Rakorcab dan Seminar Kefarmasian, Pj Bupati Barito Utara Muhlis mengatakan bahwa apoteker merupakan profesi kesehatan yang sudah lama ada di daerahnya.

“Apoteker merupakan profesional kesehatan yang memiliki spesialisasi dalam melakukan pengelolaan obat-obatan di fasilitas kesehatan baik itu rumah sakit, puskesmas ataupun apotek,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Utara.

BACA : Pj Bupati Barito Utara Koordinasikan Sistem Merit ASN Dengan KASN RI

Muhlis berharap kepada Ketua Pengurus Cabang Apoteker Indonesia Kabupaten Barito Utara dan pengurus periode 2022-2026 yang telah dilantik agar dapat menjalankan tugas dengan baik dan turut serta dalam pembangunan.

“Hal ini juga sesuai dengan pengembangan sumber daya manusia dan dharma baktinya untuk masyarakat, Apoteker juga bisa membantu pemerintah dalam pengawasan obat-obatan yang sering disalahgunakan oleh anak-anak yagn dibeli secara bebas,” kata Muhlis.

Menurut dia, peran dan eksistensi apoteker juga berkelindan dengan peningkatan mutu atau kualitas kesehatan masyarakat di daerah. Terutama, memberikan edukasi bagi masyarakat untuk mengenal obat-obatan yagn baik dan benar.

BACA JUGA : RSUD Muara Teweh Raih Akreditasi Paripurna

“Jadi, masyarakat tidak mengkonsumsi obat-obatan sembarangan yang dibeli atau diberikan. Hal ini membuat masyarakat bisa sadar untuk menjaga dan memelihara kondisi tubuh agar lebih sehat dan kuat,” papar Muhlis.

Dalam pelantikan Pengurus Cabang IAI Barito Utara juga dihadiri sejumlah kepala satuan perangkat kerja daerah (SKPD) Pemkab Barito Utara, Direktur RSUD Muara Teweh, Kepaal BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan Cabang Muara Teweh serta undangan lainnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.