Ikuti Jejak Walikota ke Luar Negeri, Disdik Siapkan Dana Rp 1,4 Miliar Berangkatkan Guru Bahasa Inggris

0

OLEH-oleh dari anjangsana Walikota Banjarmasin Ibnu Sina ke berbagai negara, termasuk ke Jepang dan teranyar ke Inggris akhirnya dialokasikan dana khusus untuk mengikutinya.

ALOKASI dana khusus itu sudah tercover dalam APBD Perubahan 2023 yang telah disetujui oleh Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Banjarmasin tak tanggung-tanggung mencapai Rp 1,4 miliar.

Berbalut program pengiriman guru bahasa Inggris guna mendapatkan sertifikat dari Universitas Cambridge yang telah dirintis pada 2022 menindaklanjuti kerja sama yang telah dirintis oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dengan kampus tertua kedua dalam pengajaran bahasa Inggris.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin, Nuryadi membenarkan adanya rencana pemberangkatan sejumlah guru bahasa Inggris ke London, Inggris. Mereka akan ditempatkan di perguruan tinggi terkemuka di negeri Raja Charles III yakni Universitas Cambridge.

“Untuk rencana keberangkatan para guru yang akan belajar bahasa Inggris di Universitas Cambridge masih dihitung biayanya. Sebab, kami belum tahu pasti berapa orang yang akan diberangkatkan, masih dihitung dulu,” ucap Kepala Disdik Kota Banjarmasin, Nuryadi kepada jejakrekam.com, Jumat (6/10/2023).

BACA : Cetak Guru dan Siswa Mahir Berbahasa Inggris, Walikota Banjarmasin Gandeng Cambridge University

Dia mengakui alokasi anggaran untuk studi bagi para guru bahasa Inggris di Universitas Cambridge sudah disiapkan dalam APBD Perubahan 2023 mencapai Rp 1,4 miliar.

“Dengan total budget seperti itu, berapa sanggupnya ke sana itu belum diputuskan. Sebab, masih belum diketahui berapa orang yang akan ikut dalam rombongan,” kata Nuryadi.

Dia menegaskan dana segede Rp 1,4 miliar itu digunakan tak hanya untuk memberangkatkan guru bahasa Inggris, namun termasuk pula biaya perjalanan dinas ke Inggris. “Para guru bahasa Inggris yang akan berangkat ke London, Inggris sebagai pendamping adalah Wakil Walikota Banjarmasin Arifin Noor dan asisten,” tutur Nuryadi.

BACA JUGA : Jawab Kritikan Publik, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina Ungkap Langkah Atasi Problema Kota

Menurut dia, diagendakan pemberangkatan para guru bahasa Inggris guna menimba ilmu ke Universitas Cambridge itu pada November 2023 mendatang.

“Paling lama, para guru bahasa Inggris yang belajar metode pembelajaran bahasa Inggris di Universitas Cambridge itu selama 10 hari. Paling cepat 7 hari, ini belum termasuk dengan waktu atau jarak tempuh dari Banjarmasin menuju ke London, Inggris,” ucap Nuryadi.

Saat ini, menurut dia, Pemkot Banjarmasin masih menunggu respon dari pihak Universitas Cambridge, London, Inggris guna kepastian pemberangkatan para guru bahasa Inggris bersama pendampingnya. “Untuk para guru bahasa Inggris yang akan diberangkatkan ke Inggris harus melewati seleksi dan pelatihan terlebih dulu di Banjarmasin,” kata Nuryadi.

BACA JUGA :Tingkatkan Kualitas Pendidikan Di Kota Banjarmasin, Walikota Ibnu Sina Resmikan Program SBI

Dia menekankan bagi para guru bahasa Inggris yang lulus seleksi dan pelatihan didapat peraih nilai tertinggi dari rangking 1 hingga sekian yang jadi prioritas untuk diberangkatkan ke Inggris.

“Setelah berada di Inggris, baik pelatihan dan pemberian sertifikasi, sepenuhnya akan dilakukan oleh pihak Universitas Cambridge,” tandas Nuryadi.(jejakrekam)

Penulis Ferry Oktavian
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.