Cetak Guru dan Siswa Mahir Berbahasa Inggris, Walikota Banjarmasin Gandeng Cambridge University

0

WALIKOTA Ibnu Sina mengajak Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin Nuryadi bersama pejabatnya mengunjungi Cambridge University Press and Assessment, Inggris.

MISI Walikota Ibnu Sina untuk menggandeng universitas ternama di Negeri Raja Charles III dalam peningkatan mutu pendidikan khususnya SMP untuk mahir berbahasa Inggris.

Untuk diketahui, Cambridge English merupakan bagian University of Cambridge. Sebagai universitas tertua kedua di Inggris, jaringan Cambridge English sudah terbentuk di 130- negara, bahkan tercatat ada 5 juta orang sudah mengikuti ujian setiap tahunnya. Lebih dari 25 ribu universitas, perusahaan, kementerian pemerintah, dan organisasi lainnya mengandalkan ujian dan kualifikasi ujian Cambridge English didukung oleh tim peneliti tes bahasa Inggris.

“Kami berkunjung ke Inggris demi memulai investasi pendidikan dalam rangka peningkatan kompetensi para pendidik di Kota Banjarmasin, khususnya berbahasa Inggris,” ucap Walikota Ibnu Sina dalam keterangannya dirilis Banjarmasin.go.id dikutip jejakrekam.com, Senin (12/6/2023).

BACA : Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris, ULM Gandeng Cambridge Universitiy

Terlebih lagi, Ibnu Sina menyebut Banjarmasin lewat program guru penggerak telah menerima Anugerah Merdeka Belajar  kategori Transformasi Pembelajaran dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makariem di Yogyakarta pada 28-29 Mei 2023 pada momentum peringatan bulan Merdeka Belajar.

Ada 540 kabupaten/kota di Indonesia yang menerapkan program guru penggerak. Sedangkan, Banjarmasin sudah menerapkan sejak 2018, bersama 3 kota/kabupaten di Kalsel.

“Dengan menggandeng Cambridge Universitaas diharapkan nanti bisa menghasilkan sumber daya manusia (SDM) bidang pendidikan yang unggul. Dampaknya, tentu putra-putri Banjarmasin bisa bersaing di kancah internasional,” ucap mantan anggota DPRD Kalsel ini.

BACA JUGA : Tingkatkan Kualitas Pendidikan Di Kota Banjarmasin, Walikota Ibnu Sina Resmikan Program SBI

Sebelumnya pada Maret 2023, sebanyak 35 SMP di Kota Banjarmasin ditetapkan menjadi sekolah berbasis bahasa Inggris. Semua sekolah itu diberi papan nama  Cambridge English for School.

Kepala Disdik Kota Banjarmasin Nuryadi mengatakan penetapan 35 SMP berbasis bahsaa Inggris merupakan program andalan pemerintah kota dalam penguasaan bahasa asing, khususnya Inggris sebagai bahasa pergaulan internasional.

BACA JUGA : Dilatih Metode Merdeka Belajar 9 Bulan, 44 Guru Penggerak Dikukuhkan Sekda Kota Banjarmasin

“Nantinya, guru-guru dididik yang sama dengan metode Cambridge University. Kami juga bekerjasama dengan dengan Beriton English Education Banjarmasin dalam peningkatan mutus pendidikan di 35 SMP,” tutur Nuryadi.

Dia menjanjikan bagi guru-guru terbaik akan diberikan stimulus, apresiasi hingga hadiah trip to Cambrigde University di Inggris.

BACA JUGA : Hari Pendidikan Nasional 2023, 665 Sekolah Di Banjarmasin Telah Implementasikan Kurikulum Merdeka Belajar

“Dengan kemampuan guru mengajar bahasa Inggris yang baik, standar kelulusan siswa memiliki kompetensi berbahasa Inggris dengan sertifikat level A2. Hal ini bisa membantu para siswa yang akan melanjutkan jenjang ke SMA atau perguruan tinggi dengan akses literatur internasional,” tutur Nuryadi.(jejakrekam)

Penulis Ferry Oktavian
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.