Tak Kunjung Teralisasi, Rencana Pembangunan Convention Hall Diganti Jadi Puskesmas

0

TAK jadi membangun Convention Hall, bekas lahan Pasar Bauntung yang berada di jalan Lanan Banjarbaru, direncanakan kembali akan dibangun sebuah gedung pelayanan kesehatan atau puskesmas.

HAL tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Infrastruktur dan Kewilayahan Bappeda Banjarbaru Erwin, kepada jejakrekam.com, pada Kamis (5/10/2023).

Erwin mengatakan, rencana sebelumnya yaitu pembangunan Convention Hall di lokasi tersebut memang tak kunjung terealisasi, akibat terkendala anggaran. “Padahal pendanaan sudah dicoba pemerintah kota melalui pihak swasta maupun perencanaan dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Namun belum menemukan titik terang. Mungkin hitung-hitung mereka value for money-nya belum masuk,” ungkap Erwin.

BACA: 1,4 Hektar Bekas Lahan Pasar Bauntung Banjarbaru Direncanakan Akan Dibuat Convention Hall

Karena itu, Erwin memastikan telah melakukan perencanaan baru, yakni dengan perencanaan pembangun Puskesmas Banjarbaru Selatan bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) fisik Pemerintah Pusat.

Rencana pembangunan puskesmas yang berada di lahan seluas 1,4 hektar tersebut, ujar Erwin sudah berjalan. “Melalui kawan-kawan di Dinas Kesehatan, perencanaan di anggaran belanja tambahan (ABT) sudah disusun, rencananya dimulai pada 2024 mendatang,” ucap Erwin.

Ditanya perihal kegunaan bangunan terdahulu Puskesmas Banjarbaru Selatan yang berada di jalan Rambai, Kelurahan Loktabat Selatan, Kecamatan Banjarbaru Selatan apabila gedung baru sudah siap operasional, Erwin menyampaikan akan didiskusikan kembali oleh pihaknya. “Untuk bangunan terdahulunya akan didiskusikan kembali nantinya,” ujar Erwin.

Erwin memastikan akan menyesuaikan pembangunan puskesmas ini sesuai dengan kriteria ataupun karakteristik sebuah gedung puskesmas. “Karena puskesmas ini ada kriterianya,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.