Mujiyat Ucapkan Syukur Batola Mengaji Menghadirkan Kebersamaan

0

PENJABAT (Pj) Bupati Barito Kuala (Batola) Mujiyat mengucapkan rasa syukur, karena Batola Mengaji sukses menghadirkan kebersamaan, dimana pesertanya berasal dari lintas masyarakat.

GELARAN Batola Mengaji merupakan bukti masyarakat Batola religius, dan tidak lepas dari peran tokoh KH Asqalani Lc atau Kai Iwat, yang merupakan ulama kebanggaan warga Batola. “Religiusnya masyarakat Batola tidak lepas dari tokoh Kai Iwad. Batola Mengaji bukti respon masyarakat kita yang luar biasa,” kata Mujiyat, pada acara Batola Mengaji, di Lapangan 5 Desember, Rabu (4/10/2023).

Dijelaskan Mujiyat, Batola Mengaji cukup sukses karena diikuti sekitar 2.760 orang peserta. Terlebih, kegiatan religius tersebut dilaksanakan di bulan Maulid, dan merupakan yang pertama kali di era kepemimpinan dirinya dan Sekda Batola H Zulkipli.

“Pelaksanaan hari ini juga berbarengan dengan penilaian Adipura, oleh karena itu saya mengimbau kepada seluruh peserta untuk menjaga ketertiban dan kebersihan,” pintanya.

BACA: Sambut MTQ Ke-54, Pemkab Batola Gelar Seni Budaya Islami Dan Haflah Al-Qur’an

Mujiyat mengharapkan, untuk terus belajar dalam berkehidupan dengan istilah Long lIfe Education. “Harapan ulun (saya) untuk kita bersama, agar selalu dekat dengan Allah Yang Maha Esa, dan dengan mengaji kita merasakan kebersamaan mulai dari anak-anak, pemuda, hingga orangtua untuk terus belajar,” harapnya.

Dia juga berharap, acara tersebut bisa dilaksanakan per tiga bulan sekali, agar bisa bersilahturahmi dan menyapa alam dengan berkumpul di lapangan tersebut.

Ketua Pelaksana Batola Mengaji Zulkipli mengutip surat Al-Baqarah 212, Al-Muzzammil Ayat 1;4;200 dan Al Ankabut Ayat 45.

Menurutnya intisari dari ayat-ayat Al-Qur’an disampaikan tersebut adalah perintah untuk membaca Al-Qur’an.

Zulkipli menambahkan, Batola Mengaji adalah dalam rangka melaksanakan perintah Allah SWT. “Pelaksanaannya pada hari ini telah sukses, karena diikuti seluruh lapisan masyarakat Batola, serta merupakan harapan suksesnya dalam pembangunan,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, acara tersebut turut menjadi harapan untuk mendapat ridho dari Allah SWT, sehingga pelaksanaan pembangunan fisik maupun masyarakatnya berjalan dengan baik. “Begitu juga dalam kehidupan selalu rukun damai dan sejahtera,” harap Zulkipli.

BACA JUGA: Bupati Batola Bagikan Bantuan Sembako Ke Guru Ngaji, Kaum Mesjid Dan Pengurus PA

Batola Mengaji merupakan representasi masyarakat Batola diwakili beragam unsur, mulai dari Forkopimda, SKPD, MUI, kecamatan, pelajar, pondok pesantren, jamaah majelis ta’lim, organisasi wanita, TP PKK, DWP, jamaah masjid serta ormas di Batola.

“Awalnya target panitia berjumlah 1.500 atau 50 khataman grup mengaji, Alhamdulillah sampai acara berlangsung peserta mendaftar sebanyak 2.760 orang. Jika 1 grup 30 orang, maka Hari ini kita mengkhatamkan 92 khatam Al-Qur’an,“ pungkasnya.

Sekda Batola H Zulkipli Yadi Noor juga menambahkan, Batola Mengaji terwujud berkat kerja sama antara pemerintah daerah Batola dengan Kemenag Batola, LPTQ, MUI serta gabungan relawan.

Batola Mengaji beragendakan Muqaddam Al-Qur’an oleh seluruh peserta, khataman Al-Qur’an dan do’a khatmil Qur’an diakhiri Haflah Tilawah Al-Qur’an bersama Ustadz H Darwin Hasibuan merupakan Qori internasional peraih Juara 1 MTQ Internasional di Malaysia Tahun 2012.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.