Datangi KPU Kalsel, Paman Birin Serahkan Hasil Pencermatan Rancangan DCT Partai Golkar

0

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan menerima dokumen partai politik (parpol) hasil pencermatan rancangan Daftar Calon Tetap (DCT), anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalsel untuk Pemilu 2024.

SAMPAI saat ini, parpol yang baru melakukan pengajuan yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Gelora, Partai Umat, Partai Garuda dan Partai Golkar,” ungkap Ketua KPU Kalsel Andi Tenri Sompa dengan awak media, Selasa (3/10/2023).

“Kami beri waktu sampai hari ini, Selasa (3/10/2023) hingga pukul 23.59 WITA. Kepada semua parpol peserta Pemilu 2024 datang ke Kantor KPU untuk memberitahukan pengajuan perubahan rancangan DCT. Meskipun parpol itu tidak ada perubahan, tetapi tetap saja memberi tahu,” tegasnya.

Kemudian, setelah berakhirnya waktu penerimaan pengajuan perubahan rancangan Daftar Calon Tetap (DCT) hasil pencermatan oleh parpol peserta Pemilu 2024, selanjutnya KPU kalsel akan melakukan penyusunan dan meneliti dengan cermat. “Ini dilakukan kembali, untuk menentukan apakah caleg tersebut memenuhi syarat atau tidak,” ujarnya.

BACA: Jelang Penetapan DCT, KPU Kalsel Gelar Rakor Persiapan Dan Pencermatan

“Sedangkan final untuk penetapan DCT ditetapkan pada tanggal 4 November 2024. Tetapi sebelum kita menetapkan DCT, kita harus berhati-hati, agar nantinya tidak terjadi masalah,” sambungnya.

Akademisi ULM ini juga mengimbau, untuk calon pengganti yang diajukan oleh parpol, dokumennya sudah benar dan sesuai. Sehingga tidak ada calon yang tidak memenuhi syarat pada masa verifikasi nantinya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Kalsel H Sahbirin Noor mengatakan, hari ini pihaknya datang ke Kantor KPU untuk menyerahkan berkas perubahan rancangan DCT.

“Berkas yang kami ajukan tidak ada perubahan dari Daftar Calon Sementara (DCS) kemarin, tetapi hanya ada penambahan nama saja. Seperti nama Supian HK, bertambah namanya dengan sebutan Haji Usup,” tuturnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.