Masuk Inovasi IGA 2023, Bupati Balangan Paparkan 2 Inovasi Unggulan

0

BUPATI Balangan Abdul Hadi paparkan dua inovasi unggulan pada ajang Innovative Government Award (IGA) tahun 2023 kepada tim penilai secara virtual, di ruang kerja Bupati, Paringin Selatan, Selasa (26/9/2023).

ADAPUN dua inovasi unggulan yang dipresentasikan tersebut ialah inovasi Digitalisasi Pelayanan Kependudukan Harus Selesai dalam Genggaman (Galuh Sanggam) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Kemudian inovasi Balangan Lawan Stunting (Balanting) dari Badan Perencanaan, Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang).

BACA : Layar Sibalang Dinsos P3APMD Balangan Masuk 10 Besar Top Inovasi

Bupati Balangan, Abdul Hadi dalam paparannya menjelaskan bahwa terciptanya inovasi Galuh Sanggam ini untuk membuat layanan administrasi kependudukan secara digital yang lebih berkualitas, cepat, efektif serta efisien.

Terlebih juga untuk mewujudkan pelayanan adminduk yang lebih dekat dan dapat diakses oleh siapa saja serta memberikan peningkatan terhadap efek IKM layanan adminduk yang semula pada tahun 2021 mencapai 83,32 persen menjadi 34,37 persen di tahun 2022.

“Layanan dapat dilakukan tanpa mengenal jarak ruang dan waktu, serta dapat dilakukan siapa saja, kapan saja dan di mana saja,” ujarnya.

BACA JUGA :  Layar Sibalang, Inovasi Dinsos Balangan Mudahkan Masyarakat Mendapatkan Layanan Kesejahteraan  

Oleh karena itu, Abdul Hadi berharap dengan adanya inovasi Galuh Sanggam, seluruh penduduk Balangan dapat menikmati layanan adminduk dengan lebih mudah, tepat guna dan tepat sasaran serta mampu meningkatkan cakupan kepemilikan dokumen kependudukan.

Selanjutnya, Abdul Hadi kembali mempresentasikan inovasi unggulan kedua yaitu Balanting.

Dikatakan Abdul Hadi, inovasi ini hadir sebagai upaya optimalisasi kinerja penurunan angka stunting di Kabupaten Balangan yang belum terlaksana di OPD yang memiliki kewenangan intervensi stunting dan pihak lainnya yang bekerja secara kolaboratif.

BACA LAGI : Inovasi Pulpendacil Balangan Lolos Final Top 45 KIPP

Terakhir dalam penyampaiannya, Abdul Hadi menyebut Kabupaten Balangan terus mengalami peningkatan inovasi daerah sejak tahun 2021.

Sebelumnya pada tahun 2020, Balangan diketahui juga berhasil mendapat predikat sangat inovatif peringkat 103 dengan jumlah inovasi sebanyak 118.

Kemudian tahun 2021 jumlah inovasi mengalami peningkatan hingga 25 dengan menduduki peringkat 166, dan tahun 2022 kembali meningkat ke peringkat 45 dengan jumlah inovasi sebanyak 115.(jejakrekam)

Penulis Herry/MC Balangan
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.