Festival belajar.id Digelar Disdik-BPMP Tanbu

0

FESTIVAL belajar.id tahun 2023 dibuka secara resmi Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Tanah Bumbu (Tanbu), Amiluddin melalui Sekretaris Disdik, Ahmad Subari di SMAN 1 Kecamatan Simpang Empat, Selasa (19/9/2023).

ACARA ini kerjasama Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kalsel dengan Disdik Tanbu.

Perwakilan BPMP Kalsel, Akhmad Gafuri, menyebutkan, tujuan digelarnya kegiatan ini untuk pemberian pembekalan, pengetahuan dan keterampilan guru dan siswa.

BACA JUGA: Pemkab Tanbu Buka Pendaftaran Seleksi Penerimaan PPPK 2023

“Juga untuk meningkatkan, pemanfaatan google dalam pembelajaran. Google for Education menyuguhkan berbagai fasilitas kepada pengguna yang dapat digunakan secara optimal,” ucapnya.

Selain itu pemanfaatan fasilitas aktivasi pada akun belajar.id dan pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar. Sebagai pengembangan yang sudah terbagikan kepada semua guru.

“Peserta dalam kegiatan ini bisa mengikuti wawasan tersebut secara maksimal, juga dapat saling sharing praktik,” harapnya.

BACA JUGA: Pemkab Tanbu Gelar Workshop Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan dan Evaluasi Jabatan

Kegiatan terselenggara pada 13 kabupaten/kota se-Kalsel, dengan sasaran jumlah 780 satuan pendidikan. Kegiatan dapat mendukung terciptanya pembelajaran yang lebih menarik dan lebih bermakna.

Akhmad Gafuri mengakui, Tenaga Pendidik dan siswa di semua jenjang kabupaten/kota. Sejak penggunaan akun belajar yang bekerjasama dengan google diluncurkan oleh Kemendikbud Ristek, pada Pro Kalsel selalu dalam urutan puncak, sebagai provinsi aktivasi terbanyak nasional dan ini selalu mendapatkan apresiasi.

“Bahkan beberapa kabupaten di wilayah Kalsel, juga selalu mendapatkan apresiasi dari pusat, dalam aktivasi akun belajar.id terbanyak secara nasional,” katanya.

BACA JUGA: Pemkab Tanbu-BPPSDM KKP Jalin Kerjasama

Kegiatan festival belajar.id, jelasnya, tentu saja mampu mendongkrak penggunaan akun belajar.id tersebut di wilayah Kalsel.

“Kegiatan ini sudah terlaksana sejak tahun lalu, namun tahun ini sedikit berbeda, kami ingin nanti akan banyak yang bisa hadir dalam kegiatan festival belajar.id pada tingkat provinsi, maka dari itu kami melaksanakan di semua kabupaten/kota,” tuturnya.

Adapun kegiatan festival belajar.id selain seminar pemanfaatan belajar.id, juga akan dilombakan beberapa kegiatan, salah satunya adalah praktik pemanfaatan chromebook belajar.id bagi sekolah yang menerima chromebook.

BACA JUGA: Terapkan SRIKANDI, Pemkab Tanbu Terima Penghargaan dan Terus Berprestasi

Sekretaris Disdik Tanbu Ahmad Subari, menyambut gembira apa yang sudah menjadi program BPMP Kalsel ini.

Ia mengatakan, kegiatan ini harus di sambut bersama, apa lagi berkaitan dengan peningkatan kompetensi dalam hal pemanfaatan teknologi pendidikan.

“Saat ini menjadi sebuah keharusan bagi guru untuk meningkatkan kemampuannya, pada zaman kita ini sudah berubah, kita tidak bisa lagi mengindahkan tentang kemajuan teknologi pendidikan, dengan kegiatan festival belajar.id ini,” bebernya.

BACA JUGA: Pemkab Tanbu Kunjungi BPS Kalsel

Hal baik ini, harapnya, menjadi motivasi bagi para guru-guru untuk terus meningkatkan kompetensi dan pemanfaatan akun belajar.id, yang mana sudah dibagikan Kemendikbud Ristek ke semua sekolah di seluruh Indonesia, dan juga dapat mendongkrak pemanfaatan belajar.id khususnya untuk Kabupaten Tanbu.

Fauzi Ramadhani, Co Kapten belajar.id Tanbu, memastikan, peserta kegiatan ini berjumlah 60 orang dari semua jenjang, terdiri dari jenjang pendidikan, yaitu SMP 20 orang, SD 20 orang dan PAUD 20 orang. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.