Pemkab Tanbu Kunjungi BPS Kalsel

0

PEMKAB Tanah Bumbu (Tanbu) melalui DiskominfoSP, bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Tanbu mengunjungi BPS Provinsi Kalsel, Jumat (4/8/2023).

DALAM rangka konsultasi dan ekspose penyusunan Indikator Ekonomi Makro (IME) Tanah Bumbu tahun 2023.

Kepala DiskominfoSP Tanbu Hj Mariani, mengatakan DiskominfoSP sebagai mitra kerja BPS Tanbu dalam hal konsultasi penyusunan Indikator Makro Ekonomi Tanah Bumbu 2023.

BACA JUGA: Sekda Tanbu Pimpin Apel Siaga Bencana

“Selain sebagai wahana menjalin silaturahmi. Pertemuan tersebut juga untuk memperkuat koordinasi dalam pelaksanaan evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral. Dalam rangka memperbaiki proses pengumpulan data dan memastikan kesinambungan dalam menghasilkan statistik yang akurat dan terpercaya,” ucap Hj Mariani.

Menurutnya, evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral penting di lakukan dalam mendukung pembangunan Tanah Bumbu (Tanbu).

Karena statistik yang akurat dan terpercaya merupakan landasan penting dalam pengambilan keputusan yang berdampak langsung pada masyarakat dan perekonomian daerah.

BACA JUGA: DP3AP2KB Tanbu Gelar Sosialisasi Partisipasi Perempuan

Kepala BPS Tanbu Ihsan Nulhakim, menambahkan pertemuan dengan BPS Kalsel tersebut menjadi momen penting bagi kedua belah pihak.

“Penting, guna berbagi informasi dan pengalaman dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral di Tanbu,” jelasnya.

Ia membeberkan, BPS Tanbu dan DiskominfoSP memiliki kesamaan persepsi dalam penyediaan dan publikasi data statistik sektoral.

Untuk itu, jalinan kemitraan yang baik antara kedua belah pihak sangat di perlukan. Sehingga, BPS Tanbu memerlukan pendampingan DiskominfoSP dalam hal konsultasi penyusunan IME 2023.

BACA JUGA: Jatah Pemkab Tanbu 1.764 Formasi ASN Tahun 2023

Kepala BPS Kalsel, Martin Wibisono, menyambut baik kunjungan dan mengapresiasi upaya yang dilakukan untuk memperkuat kerja sama antara BPS dan DiskominfoSP di Bumi Bersujud.

“BPS menyambut baik Komitmen DiskominfoSP Tanbu dalam mendukung pelaksanaan evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral dengan menyediakan akses data yang dibutuhkan. Serta berkolaborasi dalam proses pengumpulan dan analisis data,” tuturnya.

Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak berbagi pengalaman dan tantangan yang di hadapi dalam pelaksanaan evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral.

Mereka membahas upaya meningkatkan kualitas data. Termasuk peningkatan sumber daya manusia, penggunaan teknologi informasi yang canggih, serta peningkatan koordinasi dengan stakeholder terkait.

BACA JUGA: Pemkab Tanbu Gelar Rapat Pemantapan Pusdiklat Paskibraka 2023

Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) yaitu Indeks Pembangunan Statistik (IPS) akan di sampaikan ke masing-masing instansi pusat, Kementrian, dan Pemerintah Daerah.

Kunjungan tersebut, juga menjadi kesempatan bagi BPS Tanbu dan DiskominfoSP untuk menjalin kemitraan yang lebih erat. Dalam rangka menyusun rencana aksi bersama untuk meningkatkan pelaksanaan evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral di masa depan.

Dengan komunikasi yang baik itu, maka evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral di Tanah Bumbu (Tanbu) akan semakin baik demi terwujudnya Satu Data Indonesia. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.