Atasi Masalah Sosial Kemiskinan Ekstrem, PKK Kalsel Rehabilitasi Rumah Tak Layak Di Sungai Lumbah

0

KETUA Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Kalimantan Selatan (TP-PKK Kalsel) Hj Raudatul Jannah menyerahkan bantuan Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-RTLH), untuk warga Desa Sungai Lumbah, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala.

BANTUAN ini merupakan bantuan Pemprov Kalsel melalui Dinas Sosial Provinsi Kalsel dalam mengentaskan permasalahan sosial kemiskinan ekstrim melalui program RS-RTLH,” ujar Hj Raudatul Jannah dalam siaran pers diterima, Kamis (21/9/2023).

Menurut dia, bantuan itu beserta bantuan peralatan rumah tangga, pemenuhan kebutuhan pangan (sembako), Usaha Ekonomi Produktif Perorangan (UEP-P), dan Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Dijelaskannya, bantuan sosial kemiskinan ekstrim di Batola dengan rincian RS-RTLH beserta peralatan rumah tangga sebanyak delapan unit berupa karpet, kasur, rak piring, gorden sprei, bantal, guling, sapu, serok, bak sampah, ember dan gayung.

BACA: Andalkan 15 Program Prioritas di Tahun 2023, Pj Bupat Mujiyat Usung Visi-Misi Batola Bisa

Penjabat Bupati Batola Mujiyat mewakili masyarakat Batola mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, atas bantuan yang masuk ke Kabupaten Batola.

“Bantuan rumah dalam mengentaskan kemiskinan kita mendapat 100 unit dari Dinas Sosial Kalsel. Bantuan tersebut merupakan instruksi Gubernur Kalsel H Sabirin Noor dalam rangka untuk bergotong royong bersama mengentaskan kemiskinan,” pesannya.

Dalam kesempatan itu, Mujiyat menyampaikan pula kepada Guburnur Kalsel terkait program bedah rumah di Batola. “Tahun depan Batola akan programkan bedah rumah sebanyak 190 unit, yang diakomodir oleh Dana Desa. Ini kami lakukan agar cepat keluar dari angka kemiskinan ekstrim,” jelas Mujiyat .

BACA JUGA: Tahun 2023 Setiap SKPD Minimal Cetuskan Satu Inovasi

Pada kesempatan itu diberikan pula sembako kepada 22 keluarga di Kabupaten Batola selama satu tahun serta diberikan Usaha Ekonomi Produktif Perorangan (UEP-P) kepada 10 orang.

Giat yang dilaksanakan pada Rabu (20/9/2023) tersebut, turut dihadiri Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kalsel Gusnanda Effendi, Camat Alalak, Kepala Dinas Sosial Batola serta pihak terkait lainnya.

Penyerahan bantuan Ketua TP-PKK Kalsel tersebut didampingi Penjabat Bupati Barito Kuala (Batola) Mujiyat dan Penjabat Tim Penggerak PKK Batola Suharyanti Mujiyat.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.