Julak Wasi Antarkan Tabalong Dalam Tiga Besar Kendalikan Inflasi Di Kalimantan

0

TIM Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Tabalong masuk dalam nominasi 3 besar kabupaten/kota berkinerja terbaik dalam pengendalian inflasi di kawasan Kalimantan Tahun 2022.

PENGUMUMAN TPID berkinerja terbaik ini diumumkan pada Rakernas Pengendalian Inflasi Tahun 2023, yang digelar di Istana Negara Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan, bahwa inflasi Indonesia di angka 3,08 persen di bulan Juli 2023, jika dibandingkan dengan inflasi negara-negara lain, angka inflasi Indonesia sangat terkendali.

“Inflasi menjadi sangat penting, dan kita dapat mengendalikannya dengan 3 strategi penting yaitu kebijakan moneter, kebijakan fiskal dan antisipasi kondisi real di lapangan,” jelas Presiden Joko Widodo.

BACA: Kawal Inflasi, Tabalong Launching Program ‘Julak Wasi’

Sementara itu, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani sangat mensyukuri dengan masuknya TPID Tabalong sebagai nominasi 3 besar kabupaten/kota berkinerja terbaik di kawasan Kalimantan Tahun 2022, karena ini merupakan tahun ketiga TPID Tabalong dinilai berkinerja terbaik.

“Bahkan di periode 2020, nilai inflasi kita pernah terendah nomor 2 se-Indonesia,” ucap bupati dua periode ini.

Data statitsik mencatat, inflasi Kabupaten Tabalong pada bulan Desember 2022 mencapai 0,48 persen secara bulanan (month to month) dan 5,01 persen secara tahunan (year to year).

BACA JUGA: Berkat Inovasi ‘Si Julakwasi’, Inflasi Turun, Pemkab Tabalong Dapat Insentif Daerah Rp 21 Miliar

Selain mengadakan pasar murah sebagai interfensi harga komoditas, upaya pengendalian inflasi di Kabupaten Tabalong juga dilakukan melalui gencarnya Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP), yaitu peningkatan produktivitas pertanian dan hortikultura, kerjasama antar daerah dan melalui berbagai terobosan dan inovasi.

Terobosan yang saat ini sangat mempengaruhi pengendalian di Tabalong adalah Julak Wasi (Ojek Jual Sayur, Sembako-Ikan Kawal Inflasi) sebagai inovasi yang mendukung distribusi bahan pangan dan kestabilan harga.

Keberhasilan TPID Kabupaten Tabalong yang dinilai berkinerja terbaik dalam pengendalian inflasi Tahun 2022 juga turut mengantarkan TPID Provinsi Kalimantan Selatan sebagai Provinsi Berkinerja Terbaik 1 dalam Pengendalian Inflasi di Kawasan Kalimantan Tahun 2022.

“ini menunjukan bahwa kami di Tabalong turut bergerak untuk kemajuan Provinsi Kalsel,” pungkas Bupati Anang.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.