Kawal Inflasi, Tabalong Launching Program ‘Julak Wasi’

0

PEMERINTAH Kabupaten Tabalong launching program ojek Jual Sayur Sembako Ikan Keliling Pengendali Inflasi (Julak Wasi) untuk masyarakat Tabalong.

BERTEMPAT di Pendopo Bersinar Pembataan, Kecamatan Murung Pudak, sebanyak 70 orang pedagang sayur, sembako dan ikan ini dilepas oleh Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, untuk berjualan sayur keliling, Senin (21/11/2022).

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopukmperindag) Kabupaten Tabalong Husin Ansari mengatakan, program Julak Wasi ini sebagai upaya pemerintah daerah dalam mengawal inflasi di Kabupaten Tabalong.

BACA: Gelar Pasar Murah Dengan Subsidi Harga, Kabupaten Tabalong Tercatat Nomor 2 Nasional Tekan Laju Inflasi

“Para pedagang Julak Wasi barang-barangnya mengambil di BUMD, atau di koperasi dengan barang yang disubsidi, sehingga barang-barang tersebut bisa dijual kepada masyarakat dengan harga murah,” ujarnya kepada wartawan.

Dengan kata lain, program Julak Wasi ini bertujuan untuk memberdayakan para pedagang sayur, sembako dan ikan lokal untuk masyarakat dengan sistem subsidi. “Selain mendapat subsidi dalam pembelian barang jualan di BUMD, mereka juga dapat bantuan permodalan sebesar Rp 1 juta,” ucapnya.

“Mereka juga mendapat fasilitas berupa keranjang, tenda, pengeras suara kecil, baju jaket, dan helm,” tambahnya.

BACA JUGA: Jadi Tolak Ukur Penentuan Inflasi, 3 Kecamatan Di Tabalong Jadi Sasaran Pasar Murah

Husin berharap, para pimpinan BUMD dan BUMN yang ada di Tabalong dapat mendukung dam memfasilitasi para pedagan Julak Wasi ini agar dapat menggunakan sistem digitalisasi. “Namun yang terpenting, bagaiamana caranya mereka dapat tetap berjualan, hingga masyarakat dapat selalu membeli sayur, sembako dan ikan ini dengan harga murah,” bebernya.

Sementara, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani mengatakan dirinya sangat mendukung program Julak Wasi ini. “Keberadaan Julak Wasi ini tidak hanya sebagai pengawal inflasi, namun lebih pada peningkatan harkat dan martabat warga Tabalong,” ucapnya.

Dirinya meminta kepada dinas terkait untuk tetap melanjutkan program ini. “Program Julak Wasi ini hanya sampai akhir Desember 2022 ini, namun kita akan minta untuk tetap dilanjutkan di tahun 2023 nanti,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.