Tingkatkan Kesiapsiagaan Di Kabupaten Balangan Melalui Pembinaan SAR Community

0

DIREKTUR Bina Potensi Basarnas Moch Hernanto membuka Kegiatan Pembinaan SAR Community, bidang teknik pertolongan di permukaan air bagi TRC-PB Kabupaten Balangan.

KEGIATAN yang juga dihadiri juga oleh bupati yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Balangan Sutikno, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Balangan serta Kepala Basarnas Banjarmasin, digelar di aula Inspektorat Tumenggung Jalil, Senin (28/8/2023).

Berlangsung selama 3 hari, yakni dari tanggal 28 hingga 30 Agustus 2023, diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari TRC-PB Kabupaten Balangan.

Moch Hernanto menjelaskan, bahwa SAR Community adalah wadah atau kesiapsiagaan dalam mengantisipasi musibah, baik kecelakaan, bencana, maupun kondisi membahayakan jiwa manusia.

BACA: Diikuti 100 Peserta, Basarnas Banjarmasin Gelar Pelatihan Teknik Rescue di Air dan Ketinggian

“Kegiatan ini melibatkan narasumber dari Personel Kantor BASARNAS Banjarmasin,” ucapnya.

“Dengan kerjasama ini, BASARNAS dapat bergotong royong, yaitu menemukan partisipasi dari lingkungan pemerintah, masyarakat, dunia usaha, akademisi, dan media, melakukan langkah percepatan untuk mengatasi/memenuhi tuntutan masyarakat terhadap pelayanan SAR. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan pembinaan SAR bagi komunitas, seperti yang kita laksanakan pada kesempatan kali ini, bebernya.

Materi Pembinaan SAR Community pada kesempatan kali ini berupa pengenalan dasar bidang teknik pertolongan di permukaan air.

“Harapan saya, seluruh peserta mampu mengikuti kegiatan ini dengan baik, sehingga terwujudnya pemahaman dan keterampilan dasar SAR bagi komunitas guna meningkatkan kesiapan dalam menghadapi keadaan darurat,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Sirajudin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.