Undur Diri dari Gerindra, Saiful Rasyid Pilih Maju Mencaleg DPR Pemilu 2024 di Demokrat

0

MANUVER politik cukup mengejutkan dilakoni Saiful Rasyid. Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Gerindra ternyata pada Pemilu 2024 maju melalui ‘perahu’ Partai Demokrat.

SAIFUL Rasyid merupakan anggota DPR RI yang terpilih pada Pemilu 2019 dengan mengoleksi 40.399 suara sah. Saiful Rasyid pada Pemilu 2019 merupakan peraih kursi kelima DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) ‘neraka’ Kalsel 1 mencakup Kabupaten Barito Kuala (Batola), Banjar, Tapin, Hulu Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Selatan (HSS), Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Kabupaten Tabalong.

Hal ini mengulang suksesnya pada Pemilu 2014, pertama kali usai menanggalkan jabatan sebagai Bupati HST periode 2005-2010 melenggang ke Senayan Jakarta.

Nah, pada Pemilu 2024 ini, ternyata Saiful Rasyid justru memilih lompat pagar ke Partai Demokrat. Dari rekam jejaknya, langkah politik yang diambil oleh Saiful Rasyid bukan hal baru, karena dirinya pernah menjabat Ketua DPW PBB Kalsel sebelum bergabung ke Gerindra.

BACA : Mana Suara Saiful Rasyid dan Rifqinizamy! Istana Negara Butuh Didemo DPRD HST

Dalam pengumuman daftar calon sementara (DCS) Pemilu 2024 oleh KPU RI, nama Syaiful Rasyid dengan domisili di Kota Administrasi Jakarta Selatan ini maju mencalon di Partai Demokrat dengan nomor urut 1. Kabarnya, nomor urut berikutnya adalah putri Saiful Rasyid ikut mencalon DPR RI.

Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Kalsel Ilham Nor membenarkan jika Saiful Rasyid telah resmi mengundurkan diri dari Partai Gerindra untuk maju mencalon di Partai Demokrat.

BACA JUGA : Tak Maju di Pileg, Rifqinizamy Karsayuda Pede Maju Mencalon Gubernur Kalsel di Suksesi 2024

“Dari komunikasi dan informasi dengan DPP Partai Gerindra, Pak Saiful Rasyid sudah mengundurkan diri. Jadi, kami tinggal mengusulkan pergantian antar waktu (PAW) untuk sisa masa jabatan DPR RI periode 2023-2024,” kata Ilham Nor kepada jejakrekam.com, Sabtu (19/8/2023).

Wakil Ketua I Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Kaderisasi DPD Partai Gerindra Kalsel ini mengakui Saiful Rasyid memang caleg potensial, karena basis massa sangat kuat di Kabupaten HST.

“Ya, dari pengalaman Pemilu 2019 lalu, kabarnya suara pendukung Pak Saiful Rasyid itu berada di tiga kecamatan di Kabupaten HST. Makanya, bisa merebut satu kursi DPR RI untuk Gerindra pada Pemilu 2019 lalu,” kata Ilham Nor.

BACA JUGA : Kalsel Terbanyak Kedua Kursi DPR Di Kalimantan, Ini Alokasi Kursi Dan Pembagian Dapil Di Pemilu 2024

Sementara itu dari DCS anggota DPR RI Pemilu 2024 dari Partai Gerindra, berada di nomor urut 1 adalah Difriadi (Darjat) yang kini anggota DPR RI. Menariknya, di nomor urut 2 ada nama Ketua DPRD Kabupaten Banjar Muhammad Rofiqi serta nama bacaleg lainnya; Hertina Rakhmawati, Rezza Andy Maulana, Syamsul Bahri dan Hariani.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/08/19/undur-diri-dari-gerindra-saiful-rasyid-pilih-maju-mencaleg-dpr-pemilu-2024-di-demokrat/
Penulis Ipik Gandamana
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.