Diusung PPP di Pemilu 2024, Syaifullah Tamliha Ditarget Raih Kursi DPR RI di Dapil Kalsel 1

0

TERPILIH melaju ke DPR RI Senayan Jakarta sejak Pemilu 2009, Syaifullah Tamliha kembali mendapat penugasan dari DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) maju di Pemilu 2024.

LEWAT Surat Penugasan Bakal Calon Anggota DPR RI bernomor 2146.356/MDT/DPP/VII/2023, tanggal 20 Juli 2023/2 Muharram 1445 H diteken oleh Plt Ketua Umum DPP PPP H Muhammad Mardiono bersama Sekjen H Moh Anwari Thomafi.

Syaifullah Tamliha ditunjuk menjadi bakal calon legislatif (bacaleg) hingga penetapan daftar calon tetap (DCT) anggota DPR RI di Pemilu 2024 dari daerah pemilihan (dapil) Kalsel 1 meliputi Kabupaten Barito Kuala, Banjar, Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS), Hulu Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Tabalong dengan nomor urut 1.

Menariknya, dari daftar calon sementara (DCS) dikeluarkan KPU RI, ada beberapa tokoh PPP yang berada di bawah nomor urut 1 (Syaifullah Tamliha). Di antaranya, KH Bahrul Ilmi (ulama kondang Banjarmasin), Fairuzza, Akhmad Muzakir, Tri Agusvina hingga tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) Kalsel Khairi Fuady.

BACA : Jadi Tokoh Inspiratif, Anggota DPR Syaifullah Tamliha Raih Penghargaan Di Ajang The Winner Award 2023

Dengan mengantongi surat penugsan itu, Syaifullah Tamliha diminta induk Partai Ka’bah ini agar saat menjadi bacaleg hingga jadi caleg DPR RI di dapil Kalsel 1 bisa menjalankan Lima Khidmat dan Enam Prinsip Perjuangan PPP.

“Melakukan kerja-kerja elektoral untuk pemenangan PPP di daerah pemilihan seperti pemetaan dapil hingga TPS,” begitu bunyi surat penugasannya.

Menariknya, PPP juga memutuskan mendukung Ganjar Pranowo sebagai bakal Capres bersama Sandiaga Uno sebagai bakal Cawapres di Pilpres 2024 guna dimenangkan. Bahkan, DPP PPP juga menargetkan bisa merebut minimal satu kursi parlemen Senayan Jakarta dari 6 kursi tersedia di dapil Kalsel 1.

BACA JUGA : Bukber Dengan Mahasiswa Kalsel Di Jakarta, Syaifullah Tamliha : Kembali Ke Daerah Harus Jadi Pemimpin Visioner

“Menjaga soliditas dan membangun kerja sama dengan DPW PPP, DPC PPP serta bakal calon anggota DPRD provinsi, kabupaten/kota dalam wilayah dapil Kalsel 1 dengan perolehan target penambahan suara,” demikian surat perintah dari DPP PPP kepada Syaifullah Tamliha.

Apa komentar Syaifullah Tamliha? Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PPP ini menegaskan siap menjalankan amanat yang diberikan oleh partainya.

“Memang, amanat ini cukup berat jika dibandingkan dengan Pemilu 2004 hingga Pemilu 2019. Insya Allah, akan terpilih kembali,” kata Syaifullah Tamliha kepada jejakrekam.com, Sabtu (19/8/2023).

BACA JUGA : Dukung IKN Nusantara, Syaifullah Tamliha Usul Bandara Internasional di Kambitin Tanjung

Untuk diketahui, Syaifullah Tamliha merupakan politisi gaek PPP yang sudah lama malang melintang di dunia politik Banua. Sejak Pemilu 2004, Syaifullah Tamliha melaju di DPRD Kalsel dengan menjabat Ketua Fraksi PPP serta Sekretaris DPW PPP Kalsel.

Kemudian, pada Pemilu 2019 lalu, Syaifullah Tamliha maju mencalon di dapil Kalsel 1 dengan meraup 52.283 suara, meski ketika itu ditaruh di nomor urut 2 sebaga I caleg PPP. Syaifullah Tamliha pernah mengecap duduk di Komisi I, Komisi V dan terakhir kini di Komisi VIII DPR RI.

BACA JUGA : Jabat Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Syaifullah Tamliha Janji Perjuangkan Kue Pembangunan Kalsel

Pada Pemilu 2009 silam saat kali pertama maju menjadi caleg DPR RI  dari PPP, Syaifullah Tamliha termasuk kandidat yang cukup tinggi merebut suara rakyat di dapil Kalsel 1 mencapai 41.477 suara. Bahkan, pernah menjabat Wakil Sekjen DPP PPP saat memasuki gelanggang politik pusat di Senayan Jakarta periode 2009-2014.

Keberuntungan Syaifullah Tamliha berlanjut pada Pemilu 2014, berhasil menyabet satu tiket bagi PPP untuk mewakili di DPR RI dari dapil Kalsel 1 dengan modal 58.348 suara. Syaifullah juga diberi kepercayaan menjabat Wakil Ketua Fraksi PPP di DPR RI periode 2014-2019.(jejakrekam)

Penulis Didi GS
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.