Jawab Tantangan Pemilu 2024, Ketua Partai Demokrat HSU Yakin Bisa Rebut Kursi Parlemen

0

PEREBUTAN 9 kursi di daerah pemilihan (dapil) Kalsel 5 mencakup makin seru dengan hadirnya sejumlah politisi pendatang baru pada Pemilu 2024 mendatang.

DAPIL Kalsel 5 mencakup Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Tabalong. Terlebih lagi, di dapil ini persaingan cukup panas antar kandidat andalan parpol kontestan Pemilu 2024.

Belajar dari pengalaman Pemilu 2019, Partai Demokrat memang gagal merebut kursi parlemen Kalsel. Ini setelah, masing-masing parpol di antaranya Golkar, PKB, PDI Perjuangan, Gerindra, PKS, PAN, PPP dan NasDem merebut kursi.

“Ini tantangan besar bagi Partai Demokrat untuk bisa merebut kursi parlemen DPRD Kalsel dari dapil Kalsel 5, di tengah dominasi sejumlah parpol parlemen,” tutur Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten HSU, Romier Emma Ramadayanti Rivilla kepada jejakrekam.com, Jumat (18/8/2023).

BACA : Jabat Ketua DPC Demokrat HSU, Emma Rivilla Target Menangkan AHY Dan Rebut Kursi Parlemen

Aktivis perempuan yang akrab disapa Emma Rivilla hakkul yakin Partai Demokrat akan bisa menjawab tantangan itu, dengan merebut simpati rakyat khusus pemilih di HSU, termasuk Balangan dan Tabalong.

“Untuk itu, saya berikhtiar maju mencalon sebagai calon legislatif (caleg) DPRD Kalsel dari dapil Kalsel 5 pada Pemilu 2024 mendatang,” kata Emma.

Menurut dia, jika meraih amanat dari rakyat khususnya dapil Kalsel 5 maka akan dijadikan lahan pengabadian, bukan lahar mencari pekerjaan. “Kami yakin Partai Demokrat akan bisa mengubah peta kekuatan politik khususnya di HSU. Tentu dengan formula pendekatan persuasif, kebersamaan dan jiwa sosial keagamaan,” tutur Emma.

BACA JUGA : Terinspirasi Perjuangan RA Kartini, Kader Perempuan Demokrat HSU Bagi-Bagi Paket Sembako

Menurut dia, jelang Pemilu 2024 terus dilakoni konsolidasi, pengkaderan serta para caleg bahu membahu untuk turun ke lapangan agar lebih dekat dengan masyarakat HSU.

“Kami sudah menggerakkan mesin partai dalam menghadapi dan menjawab tantangan itu. Sebab, dalam formasi bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD HSU diisi orang-orang terpilih, saat ini tinggal menunggu penetapan daftar calon sementara (DCS) hingga daftar calon tetap (DCT) Pemilu 2024. Tentu saja, Partai Demokrat juga bisa mengutus wakilnya dari dapil Kalsel 5,” papar Emma.

BACA JUGA : Banjarmasin Masih Dapil Kalsel 1, Ini Alokasi 55 Kursi DPRD Kalsel Diincar 18 Parpol Kontestan Pemilu 2024

Cucu Bupati HSU Bihman Villa yang juga mantan anggota DPR RI periode 1971-1974 ini mengatakan Partai Demokrat juga berkonsentrasi untuk menggaet suara pemilih milenial dan generasi Z dengan model kekinian berbasis digitalisasi. Termasuk, kalangan perempuan sebagai pemilih terbanyak.

Untuk diketahui, dalam Pemilu 2024 berdasar daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten HSU terdapat 168.236 pemilik suara, terdiri dari 83.296 pemilih laki-laki dan 84.940 pemilih perempuan. Mereka tersebar di 10 kecamatan, 219 desa/kelurahan dan 768 tempat pemungutan suara (TPS).(jejakrekam)

Penulis Muhammad
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.