4 Pejabat Teras Balai Kota Digeser, Walikota Banjarmasin Pastikan Segera Lelang Jabatan Terbuka

0

KABINET ‘Banjarmasin Baiman Lebih Bermartabat’ duet Walikota Ibnu Sina dan Wakil Walikota Arifin Noor di Balai Kota Banjarmasin kembali dirombak berdasar hasil job fit.

BERSAMA 114 pejabat yang dilantik dengan posisi baru di Pemkot Banjarmasin, ada 4 pejabat eselon II atau pejabat pimpinan tinggi pratama Balai Kota juga ikut digeser. Ratusan pejabat ini dilantik oleh Walikota Ibnu Sina di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjarmasin, Rabu (9/8/2023).

Empat pejabat teras itu adalah Dr Lukman Fadlun yang sebelumnya Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan digeser mengisi kekosongan jabatan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Banjarmasin.

Sementara, Muhammad Ramadhan bergeser menjadi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Banjarmasin, menanggalkan jabatan lamanya sebagai Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes).

BACA : Tahap I Penerapan Job Fit, Posisi Dua Kadis di Pemkot Banjarmasin Dikosongkan

Pun begitu, Muhammad Makhmud bergeser dari Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) menjadi Asisten Administrasi Umum Sekdakot Banjarmasin. Makhmud menggantikan

Ahmad Fanani Syaifuddin yang kini menempati posisi sebagai Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Walikota Banjarmasin.

“Pergeseran jabatan ini merupakan hasil penilaian dan pengujian kompetensi (job fit) yang sebelumnya sudah dilakukan serta mengisi kekosongan jabatan yang ada. Kami juga akan menyiapkan dinas mana yang masih lowong untuk lelang jabatan,” tutur Walikota Ibnu Sina.

BACA JUGA : 2 Tahun Menjabat, Jalani Job Fit, 10 Pejabat Teras Pemkot Banjarmasin Bakal Dirotasi

Dengan adanya pergeseran pejabat teras itu, mantan anggota DPRD Kalsel ini mengatakan ada tiga dinas yang kini lowong. Yakni, Dinkes, DKP3 dan Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Banjarmasin.

“Insya Allah, secepatnya kita akan melakukan seleksi terbuka untuk mengisi posisi pejabat eselon II yang kosong ini,” kata Ibnu Sina.

Untuk sementara dari tiga dinas lowong itu, Ibnu Sina mengatakan akan menempatkan pejabat sebagai pelaksana tugas (plt) yang merangkap tugas sebagai kepala dinas.

BACA JUGA : Sekda Ikhsan Beri Sinyal Rotasi Jabatan Pejabat Teras Pemkot Banjarmasin Menguat Lagi

“Jadi, Plt Kepala Dinkes dan Plt Kepala DKP3 Kota Banjarmasin masih dirangkap oleh kepala dinas sebelumnya. Sedangkan, Plt Kepala Disbudporapar Kota Banjarmasin saat ini ditempati oleh Hj Fatimah,” tutur Ibnu Sina.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pendidikan dan Pelatihan (BKD Diklat) Kota Banjarmasin, Agus Totok Daryanto memastikan paling lama satu hingga dua pekan akan dibuka lelang jabatan.

“Selambat-lambatnya pada awal September, kami akan buka lelang jabatan untuk mengisi jabatan lowong dan mendapatkan kepala dinas yang baru,” kata mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin ini.

BACA JUGA : Disuntik Dana Rp 4,6 Miliar, Tahap I Rumdin Walikota Banjarmasin Ditarget Rampung Desember 2023

Menurut Totok, seperti lelang jabatan tahun-tahun sebelumnya, maka terbuka bagi para pejabat yang ada di wilayah Provinsi Kalsel. “Kami juga akan melakukan seleksi serta uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) bagi para pendaftar jabatan yang lowong. Yang pasti, mereka harus lulus uji administrasi dulu,” tegas Totok.

Dia menegaskan nantinya akan segera dibentuk Panitia Seleksi Lelang Jabatan Kepala Dinas yang masih lowong di Pemkot Banjarmasin. “Unsur pansel ada dari akademisi serta pejabat pemerintah kota serta Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin yang akan menjadi ketua pansel,” imbuh Totok.

4 Pejabat Teras Pemkot Banjarmasin yang Digeser:

  1.  Lukman Fadlun (Kepala Badan Kesbangpol Banjarmasin)
  2.  Muhammad Ramadhan (Kepala DP3A Kota Banjarmasin)
  3.  Muhammad Makhmud (Asisten Administrasi Umum Setdakot Banjarmasin)
  4.  Ahmad Fanani Syaifuddin (Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Walikota Banjarmasin).

(jejakrekam)

Penulis Ferry Oktavian
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.