Walikota Ibnu Sina Bicara Keberhasilan Penanganan Sungai Banjarmasin Di AMF 2023

0

KEBERHASILAN Pemkot Banjarmasin dalam menangani sungai, adalah buah hasil upaya kolaborasi dengan berbagai komunitas. Hal tersebut dipaparkan Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, di hadapan para gubernur dan walikota se ASEAN, dalam kegiatan Forum Walikota ASEAN atau ASEAN Mayors Forum (AMF) 2023, di Jakarta, Selasa (1/8/2023).

MENURUT H Ibnu Sina, dalam pertemuan bertema ‘Mengkatalisasi Pertumbuhan Daerah melalui Pembangunan Berkelanjutan di Kota-kota ASEAN’, selain terkait penanganan sungai, Dia juga memaparkan tentang keberadaan kampung iklim yang sudah terbentuk di kota berjuluk Seribu Sungai ini.

Khusus tentang penanganan sungai, selain menjaga kebersihan lingkungan sungai, pemerintahan ang dipimpinnya bertekad untuk menjadikan sungai sebagai beranda depan kota.

BACA: Serukan Jaga Sungai Banjarmasin, Komunitas Sahabat Sungai Turun ke Jalan

“Saya memaparkan apa yang dilakukan oleh Kota Banjarmasin, terkait dengan Kampung Iklim, kemudian juga terkait dengan praktik apa saja, baik yang sudah Kita lakukan dalam menangani sungai, hingga menjadikannya sebagai beranda depan kota, bersama teman-teman komunitas,” ujarnya.

“Forum ini, sangat bermanfaat diikuti. Betapa tidak, hampir seluruh peserta terdiri dari para walikota dan gubernur se-ASEAN memaparkan keberhasilannya dalam penanganan masalah perkotaan,” ucapnya.

“Seperti Negara Filipina, mereka memaparkan terkait keberhasilan penanganan banjir. Kemudian dari Negara Thailand, memaparkan terkait pencegahan bencana. Dari paparan tersebut para pemimpin kota kota se ASEAN secara tidak langsung mendapatkan ide, masukan dan saling bertukar pendapat, dalam menanggulangi berbagai permasalahan di wilayahnya,” tuturnya.

BACA JUGA: 4 Kampung Iklim di Banjarmasin Raih Kategori Utama, DLH Target Bisa Naik Statusnya Jadi Lestari

“Terima kasih banyak kepada UCLG, dimana sebagai anggota Kita bisa sharing dengan kota-kota lain ASEAN, saya kira hal tersebut yang paling penting,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pertemuan Gubernur dan Walikota ASEAN Capitals (Governors, Mayors of ASEAN Capitals – MGMAC) 2023 dan Forum Walikota ASEAN (ASEAN Mayors Forum – AMF) 2023, digelar oleh Pemprov DKI Jakarta bersama United Cities and Local Government Asia Pasific (UCLG-ASPAC).

Hot isu dalam kegiatan tersebut, bagaimana mengatasi tantangan ekonomi ke depan, dan negara-negara di ASEAN diharapkan bisa meningkatkan kolaborasi dan promosi kebijakan membangun lingkungan yang stabil, dengan tujuan untuk pertumbuhan ekonomi. Caranya, dengan perluasan konektivitas dan mobilitas di bidang energi, transportasi, serta logistik peningkatan perdagangan dan investasi.(jejakrekam)

Penulis prokom banjarmasin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.