Nelayan Desa Sungai Rasau Ditemukan Oleh Tim SAR Gabungan

0

TIM SAR Gabungan berhasil temukan nelayan yang hilang saat melaut di pengairan Muara Pantai Bawah Layung, Kecamatan Kurau, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Selasa (25/7/2023) sekitar pukul 07.00 WITA.

BERDASARKAN keterangan Setiaji Panji Widodo selaku koordinator operasi lapangan (Korlap) Basarnas Banjarmasin, korban adalah nelayan yang bernama Mahfud (50 tahun) warga Desa Sungai Rasau, Kecamatan Bumi Makmur, ditemukan sekitar 100 meter dari lokasi terakhir keberadaanna atau last know position (LKP).

“Korban ditemukan pada hari kedua pencarian, sekitar pukul 07.00 WITA pada Selesa (25/7/2023) dalam kondisi meninggal dunia,” ucapnya.

Korban Mahfud dilaporkan hilang saat mencari udang pada Senin (24/2023) sekitar pukul 08.00 WITA, yang diduga tenggelam karena perahu milik korban ditemukan dalam keadaan terbalik.

BACA: Nelayan Desa Sungai Rasau Diduga Hilang Tenggelam

Setiaji Panji Widodo mengatakan, pencarian dilakukan Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Basarnas, Polairud Tala, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat dan Rescue 911 yang dibantu warga, serta nelayan setempat.

“Tim SAR Gabungan melakukan penyisiran sejauh 7,5 nautical mile (NM) atau mil laut, disekitar LKP,” katanya.

Selain itu, Tim SAR Gabungan juga melakukan penyebaran info nelayan hilang kepada nelayan-nelayan sekitar, serta warga di pesisir dan kapal-kapal yang melintas di sekitar LKP.

“Sekitar pukul 07.00 Wita korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia dan langsung dievakuasi menggunakan kapal nelayan ke rumah duka di Sungai Rasau,” tambahnya.

“Atas keberhasilan tersebut, Basarnas Banjarmasin mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur SAR yang terlibat dalam pencarian,” pungkas Setiaji Panji Widodo.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.