Soal Rekening Gendut Kapolres Kotabaru, Kapolda Kalsel Sebut Ditangani Mabes Polri

0

DUGAAN rekening gendut mencapai Rp 300 miliar yang dikantongi Kapolres Kotabaru AKBP Tri Suhartanto ramai beredar. Ini setelah video itu diunggah kanal YouTube milik eks penyidik KPK, Novel Baswedan tayang 10 hari lalu.

UNGGAHAN berjudul Deretan Kasus Menjerat Pimpinan KPK itu kini sudah ditonton sebanyak 12 ribu orang. Belakangan muncul informasi mantan pegawai KPK yang disebut Novel Baswesan, yakni Tri Suhartanto saat bertugas sebagai Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Penyidik KPK.

Menanggapi masalah itu, Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi menegaskan soal itu sepenuhnya menyerahkan ke Mabes Polri.”Yang memroses adalah Mabes Polri bukan Polda Kalsel,” ucap mantan Direktur Tindak Pidana Umum (Tipidum) Bareskrim Polri ini.

Mantan penyidik KPK itu resmi menjabat Kapolres Kotabaru pada 18 April 2023 menggantikan AKBP M Gafur Aditya Siregar. Bahkan, serah terima jabatan (Sertijab) dipimpin Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi di Aula Mathilda Polda Kalsel.

BACA : Ada 5 Tersangka Terlibat Pembunuhan Sadis, Kapolda Kalsel Ultimatum Segera Serahkan Diri  

Dikutip dari laman kumparan.com,  Tri Suhartanto membantah soal transaksi janggal tersebut. Menurut dia, yang disebut ‘transaksi Rp 300 miliar’ itu adalah perhitungan akumulasi transaksi yang dilakukan PPATK dari 2004 hingga 2018.

Bagi dia, penggunaan diksi ‘transaksi’ itu seolah-olah menggiring persepsi publik bahwa dirinya memiliki Rp 300 miliar.

BACA JUGA : Ingatkan Citra Polri, Kapolda Kalsel Pimpin Sertijab Kapolres HST

Padahal, kata Tri Suhartanto, itu merupakan akumulasi uang masuk dan keluar di rekening yang digunakan untuk bisnis. “Penghitungan keluar-masuk uang itu diambil dari waktu yang cukup lama, sekitar 14 tahun, dari jangka waktu 2004-2018,” ucap Tri.

Uang keluar masuk selama 14 tahun itu berasal dari bisnis ‘serabutan’ yang dijalankan. Tri tidak menyebut spesifik bisnis apa saja, ia hanya menyinggung soal pernah jual-beli mobil. Bisnis itu juga sudah dihentikan ketika dia masuk KPK pada akhir 2018.

BACA JUGA : 4 Pejabat Utama Dan Kapolres Berganti, Kapolda Kalsel Minta Persiapkan Porsonel Pengamanan Pemilu 2024

“Di rekening itu tidak ada dalam buku senilai Rp 300 miliar. Tidak ada pernah terendap gitu, duit Rp 300 miliar itu kan enggak ada. Dalam satu hari, ada Rp 300 miliar itu di dalam rekening, enggak ada. Jadi keluar masuk aja semua itu,” kata Tri.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/07/13/soal-rekening-gendut-kapolres-kotabaru-kapolda-kalsel-sebut-ditangani-mabes-polri/
Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.