Bupati Tanbu Apresiasi Digelarnya Sosialisasi SPPKS di Bumi Bersujud

0

PEMKAB Tanah Bumbu (Tanbu) melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) menggelar sosialisasi Sarana dan Prasarana Perkebunan Kelapa Sawit (SPPKS) di Medina Hotel and Resort, Kecamatan Kusan Hilir, Senin (26/6/2023).

SOSIALISASI digelar untuk mendukung percepatan pengembangan perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).

Bupati HM Zairullah Azhar melalui Asisten Administrasi Umum Andi Aminuddin menyambut baik dan mengapresiasi dilaksanakannya sosialisasi SPPKS di Bumi Bersujud.

BACA JUGA: ‘Pelangsir Berwarna’ Permudah Layanan di Disdukcapil Tanbu

“Sosialisasi penting dilaksanakan sebagai upaya percepatan penyediaan sarana dan prasarana perkebunan kelapa sawit yang difasilitasi oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS),” ujarnya.

Dalam program ini, bantuan sarana dan prasarana untuk para petani kelapa sawit dapat diberikan melalui berbagai kelompok seperti Kelompok Tani, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), Koperasi Perkebunan, dan kelembagaan lainnya.

Bantuan tersebut mencakup berbagai hal seperti benih, pupuk, pestisida, alat pasca panen, pengolahan hasil, jalan kebun, jalan akses, alat transportasi, mesin pertanian, pembentukan infrastruktur pasar, dan verifikasi teknis.

“Kabupaten Tanah Bumbu sendiri merupakan salah satu wilayah dengan perkebunan kelapa sawit terluas yang mencapai 74.565 hektar,” tutur Andi Aminuddin.

BACA JUGA: Pemkab Tanbu Segera Bangun Bundaran Dikelilingi RTH

Terdapat alokasi 5 paket kegiatan dalam sarana dan prasarana perkebunan kelapa sawit tahun 2023. Antara lain, intensifikasi seluas 100 hektar, peningkatan jalan seluas 50 hektar, pengadaan alat transportasi sebanyak 1 unit, pengadaan alat pasca panen sebanyak 1 unit, dan sertifikasi ISPO sebanyak 2 paket.

Bupati berharap agar ketersediaan sarana dan prasarana perkebunan kelapa sawit dapat segera direalisasikan, mengingat faktor tersebut merupakan salah satu penentu keberhasilan usaha perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Tanah Bumbu dan bagi pembangunan ekonomi Indonesia secara keseluruhan.

“Dukungan sarana dan prasarana ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan sektor perkebunan kelapa sawit dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” sebutnya.

Ia berharap, melalui sosialisasi SPPKS para petani dan pemangku kepentingan terkait dapat memahami pentingnya sarana dan prasarana yang memadai dalam mengembangkan perkebunan kelapa sawit.

BACA JUGA: Wabup Tanbu Hadiri HUT ke-23 APKASI di Jateng

“Dibutuhkan kesadaran pentingnya upaya pengelolaan berkelanjutan dan pemenuhan standar sertifikasi ISPO,” tambahnya.

Pemerintah daerah berkomitmen terus mendorong peningkatan produktivitas dan kualitas perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).

“Kolaborasi dengan pihak terkait seperti BPDPKS sebagai langkah penting guna memastikan kelangsungan dan keberlanjutan sektor perkebunan kelapa sawit di wilayah tersebut,” paparnya.

Dalam sosialisasi SPPKS, peserta diberikan pemahaman mengenai pentingnya sertifikasi ISPO. Sertifikasi ini merupakan bukti komitmen petani dan perusahaan perkebunan kelapa sawit dalam menjalankan praktik perkebunan yang berkelanjutan, memperhatikan aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi.

BACA JUGA: Kabar Gembira, Pemkab Tanbu Berikan Gaji ke-13 Kepada Pegawai Non ASN

Perkebunan kelapa sawit memiliki peran strategis dalam perekonomian Indonesia, terutama dalam sektor pertanian. Selain memberikan lapangan kerja bagi masyarakat, perkebunan kelapa sawit juga berkontribusi pada pendapatan negara melalui ekspor produk kelapa sawit.

“Para petani kelapa sawit di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) dapat lebih termotivasi dan terbantu dalam mengembangkan usaha mereka,” pintanya.

Dukungan penuh dari pemerintah daerah dan pihak terkait dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan sektor perkebunan kelapa sawit di Tanah Bumbu (Tanbu).

BACA JUGA: Angka Stunting di Tanbu Terus Membaik

“Sosialisasi SPPKDS Pendanaan BPDPKS Tahun 2023 menjadi momentum meningkatkan sinergi antara pemerintah, petani, dan perusahaan perkebunan kelapa sawit dalam mengembangkan sektor perkebunan kelapa sawit,” imbuhnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.