10 Ribu Bibit Ikan Lele dan Kelabau Ditebar di Perairan Sungai Tatah Belayung

0

WALIKOTA H Ibnu Sina melepas ribuan bibit ikan Lele dan Kelabau di perairan Sungai Tatah Belayung di Jalan Tatah Belayung, Kelurahan Tanjung Pagar, Banjarmasin Selatan, Selasa (13/6/2023).

ADA 10 ribu bibit baik ikan lele dan kelabau ditebar di area perairan kanal itu demi menjaga pasokan (restocking) ikan air tawar yang terkoneksi ke Sungai Martapura.

“Termasuk juga pemberian bantuan untuk para petani,” kata Walikota Ibnu Sina kepada awak media, Selasa (13/6/2023). 

Menujrut dia, Pemkot melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarmasin juga telah menetapkan daerah Tatah Belayung sebagai Kampung Budidaya Ikan Lele.

“Hal ini karena masyarakat di sini sudah membudidayakan dan menjaga perairan sungai tetap terjaga kualitas airnya bagus untuk memelihara ikan,” kata mantan anggota DPRD Kalsel dari Fraksi PKS ini.

BACA : Terancam Industri Sawit, Keberadaan Ikan Pipih di Kalsel Makin Langka

Ibnu Sina bilang restocking ikan ini sangat penting demi menjaga sumber daya hayati di perairan Kota Seribu Sungai.

“Apalagi di perairan kita ini merupakan salah satu sumber protein nabati dan hewani yang tinggi gizinya, bagi masyarakat” ujar sarjana perikanan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) ini.

Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel berharap agar program yang berjalan ini dapat bisa terus didukung, bukan hanya dari pemerintah tapi juga dari masyarakatnya.

BACA JUGA : Berburu Ikan di Sungai Veteran dengan Senapan Angin

Ibnu Sina melihat potensi besar dari itu, dan meminta agar pejabat daerah setempat agar dapat memberikan binaan kepada warga sekitar.

“Mudah-mudahan betul-betul menjadi kampung budidaya ikan baik itu lele dan lainnya,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Ferry Oktavian
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.