Periode Januari Hingga Mei, DPKP Banjar Sebut Ada 29 Musibah Penanggulangan Kebakaran  

0

SEJAK Januari hingga Mei 2023, DPKP Kabupaten Banjar mencatat ada 29 musibah penanggulangan kebakaran di Kabupaten Banjar. Hal itu disampaikan Kepala DPKP Rahmat Kartolo saat apel kerja gabungan di halaman Kantor Bupati Banjar, Senin (12/6/2023).

“DARI 29 musibah tersebut, 19 musibah diantaranya  didominasi oleh kebakaran rumah atau permukiman,”ungkapnya.

Sementara penyelamatan non kebakaran, Rahmat menuturkan sebanyak 188 kejadian.

“152 penyelamatan yang didominasi penyelamatan hewan baik peliharaan, liar, buas maupun berbisa,” rincinya.

BACA : DPKP Banjar Cek Alat Proteksi Kebakaran Di Mitra 10

Sementara pada bidang pencegahan, kegiatan sosialisasi yang dilakukan sejak Januari hingga Mei 2023 meliputi 13 perusahaan terdiri dari 4 showroom mobil, 2 rumah sakit dan klinik, 1 pergudangan, ritel modern, bengkel, restorant dan 3 kantor.

“Tugas dan fungsi DPKP yakni berkaitan dengan pelayanan dasar bidang ketentraman dan ketertiban umum serta pelayanan masyarakat dengan standar pelayanan minimal adalah respon time 15 menit dalam penanggulangan kejadian kebakaran,” ujarnya.

Karena itu, Rahmat mengimbau seluruh peserta apel untuk waspada terhadap bencana kebakaran dalam kondisi apapun untuk mengurangi kerugian materi dan kehilangan nyawa.

BACA JUGA :  Sambut Hari Bumi Sedunia, Pemkab Banjar Terima 13 Ribu Bibit Tanaman Dari PT LG Elektronics

Perlu diketahui, dalam apel tersebut dilakukan penyerahan penghargaan pemenang lomba bercerita 2023 yang diserahkan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra H Masruri didampingi Kepala Dispersip Topik Norman Hidayat kepada Juara I diraih oleh Husna Zahira dari MI Hidayatullah, Juara II M Rihan SDN Paramasan Bawah 2 dan Juara III A Dzakwan Khalil SDN Manarap Tengah 2.

Sedangkan pemenang lomba perpustakaan SMA/SMK/MA tingkat Provinsi Kalsel diraih Perpustakaan SMK Darussalam Martapura sebagai Juara Terbaik II.

Apel ini diikuti pejabat Eselon II, III, IV dan pejabat fungsional hasil penyerataan jabatan administrasi kedalam jabatan fungsional serta staff non ASN lingkup Pemkab Banjar.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.