Ditarget Capai 1000 Peserta, Pemkot Banjarmasin Adakan Sunatan Massal

0

PEMERINTAH Kota Banjarmasin, melalui dinas kesehatan sukses menggelar acara sunatan massal Tahun 2024, secara serentak di 5 kecamatan.

WALIKOTA Banjarmasin, H Ibnu Sina, membuka langsung kegiatan yang bermula di Kecamatan Banjarmasin Barat tersebut, pada Selasa (6/2/2024).

Diungkapkan Ibnu, kegiatan ini dalam rangka menyambut bulan Ramadhan, dan bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan budaya hidup bersih masyarakat di kota Banjarmasin.

Momen ini dinilai tepat untuk memfasilitasi masyarakat (anak-anak) agar dapat menjalani ibadah dengan kondisi kesehatan yang prima nantinya.

BACA: Peringati Hari Anak Nasional, Pemkot Banjarmasin Menyelenggarakan Sunatan Massal

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan sosial yang sangat bermanfaat untuk anak-anak kita dan masyarakat, yaitu sunatan massal anak. Targetnya adalah 1000 peserta, dan saat ini sudah ada 549 anak yang telah berpartisipasi. Kami berterima kasih kepada Pelindo III yang telah memberikan kontribusi dalam bentuk CSR,” kata Ibnu.

Penyelenggaraan yang secara terpusat di masing-masing kecamatan, akan memudahkan akses bagi para peserta sunatan massal. “Proses distribusi ke kecamatan juga membantu memudahkan akses bagi peserta, sehingga tidak perlu melakukan perjalanan jauh,” sambungnya.

Dengan semangat kebersamaan yang terjalin antara pemerintah dan pihak swasta, tentu sunatan massal ini diharapkan dapat terus berjalan secara rutin untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Kota Banjarmasin.

“Kami juga imbau kepada perusahaan-perusahaan di Banjarmasin untuk saling berpartisipasi dan menyalurkan dana desa secara tepat sasaran,” tandasnya.

BACA JUGA: HUT ke-38, TVRI Kalsel Gelar Khitanan Massal di Pinggiran Kota Banjarmasin

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, dr Tabiun Huda membeberkan, kegiatan sunatan massal ini didanai oleh APBD dan sumber dana lainnya di dinas kesehatan, yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

“Jadi, Total ada sekitar 549 anak yang menjadi peserta sunatan massal ini. Tindakan sunat dilakukan oleh 33 tenaga medis yang terdiri dari dokter, perawat, dan petugas kesehatan dari 28 puskesmas,” jelasnya.

“Selain tindakan sunat, anak-anak yang berpartisipasi dalam kegiatan ini juga diberikan konseling dan perawatan pasca-sunat,” tambahnya.

Kegiatan inipun berlangsung selama 2 hari pada tanggal 6 hingga 7 Februari 2024, di lima kecamatan yang ada di kota Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis Fery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.