Jembatan Sikan Tumpung Laung, Agar Fungsional Menghabiskan Anggaran Rp 135 Miliar

0

JEMBATAN Sikan Tumpung Laung yang sempat tertunda pembangunannya diharapkan bisa funsional pada tahun 2024 mendatang.

HAL ini disampaikan oleh Bupati Barito Utara H Nadalsyah saat acara pemancangan tiang jembatan bersama unsur forkopimda, di Tumpung Laung, Kamis (25/5/2023).

Menurut Nadalsyah pembangunan jembatan Sikan Tumpung Laung, dikerjakan pada tahun 2019 dengan menggunakan dana multi years dengan anggaran Rp 25 miliar.

Namun pembangunan ini sempat terhenti karena adanya covid 19, dan anggaran untuk melanjutkan tidak ada dari APBD Kabupaten. Sementara dana yang dijanjikan oleh provinsi tidak ada kejelasan.

BACA: Tiang Jembatan Sikan-Tumpung Laung Hilang Ditabrak Tongkang Batubara

“Sebenarnya pembangunan jembatan ini sudah selesai dan diperkirakan sebelum masa jabatan saya habis sudah diresmikan,” kata Nadalsyah.

Nadalsyah juga menegaskan, pemancangan tiang waktu pertama dibangun, sering ditabrak tongkang batu bara. Karenanya untuk pemancangan kali ini desainnya dirubah. Semula tiang pertama dibangun saat arus air terlalu deras, sehingga bila tongkang lewat tidak bisa menghindar.

Dijelaskannya, pada tahun 2023 ini kembali anggaran dikucurkan Rp 74,920  miliar. Dengan kontraktor pelaksana PT Agrabudi Karyamarga, berpusat di Palangkaraya.

Dengan anggaran ini memang masih membutuhkan tambahan anggaran sekitar Rp 38 miliar agar jembatan Fungsional. “Saya berharap tahun depan dianggarkan untuk penyelesaian, kendati saya sudah tidak lagi menjadi bupati. Dan berharap dewan membantu menyetujui anggaran dan pemerintah daerah,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.