Target 2023 Miliki 100 Guru Besar, Rektor ULM Ahmad Alim Bachri Dorong Dosen Raih Titel Profesor

0

TARGET mencetak 100 guru besar terus diwujudkan Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof Dr Ahmad Alim Bachri di periode kepemimpinannya.

HINGGA kini, tercatat sudah 76 guru besar telah dimiliki kampus perjuangan ini. Ini setelah, pada Rabu (17/5/2023) lalu, 3 guru besar dikukuhkan oleh Rektor ULM Prof Ahmad di Aula Gedung Rektorat ULM Banjarmasin.

Tiga guru besar yang dilantik dan dikukuhkan adalah Prof Dr Dr Suyanto, MP., sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pemetaan Ilmu Kultur Tanah Fakultas Kehutanan. Kemudian, Prof Dr Ir Akhmad Rizali, M.Sc. sebagai Guru Besar bidang Ilmu Pengendalian Hayati Fakultas Pertanian, dan Prof Dr. Drs. Bachruddin Ali Akhmad, M.Si., sebagai Guru Besar bidang Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) ULM.

“Dari pengukuhan ini maka jumlah guru besar yang dimiliki ULM telah mencapai 76 orang. Dalam waktu dekat ini, ada 5 guru besar yang akan dikukuhkan sehingga nantinya ULM akan memiliki 81 guru besar,” ucap guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini kepada jejakrekam.com, Senin (22/5/2023).

BACA : Target 100 Guru Besar Tak Tercapai di Era Sutarto Hadi, Jadi Tugas Rektor ULM Terpilih

Prof Ahmad menjelaskan ada 5 guru besar tinggal pengukuhan itu. Di antaranya dari 1 guru besar Fakultas Teknik, 2 guru besar Fakultas Hukum dan 1 guru besar dari FKIP.

“Semoga di masa jabatan saya, sudah ada 10 guru besar, sehingga pada 2023 ini ULM sudah memiliki 100 guru besar atau yang sudah berhak menyandang gelar profesor,” kata Prof Ahmad.

Ia menekankan bahwa di bawah kepemimpinannya, ULM telah menetapkan berbagai kebijakan-kebijakan untuk mendorong percepatan guru besar. Salah satu kebijakan tersebut yakni dibentuknya tim percepatan peningkatan jabatan fungsional bagi dosen-dosen ULM, termasuk percepatan guru besar, lektor kepala, dan lektor.

BACA JUGA : Pertajam Kolaborasi dan Konsolidasi, Rektor ULM Ahmad Alim Bachri Target Ciptakan Kampus Unggul

“ULM juga berkomitmen untuk memberikan fasilitas-fasilitas yang mendukung percepatan peningkatan jabatan fungsional,” ucap Prof Ahmad.

Senada Rektor Prof Ahmad Alim Bachri, Ketua Senat UNLM Prof Dr H Muhammad Hadin Muhjad hakkul yakin target 100 guru besar yang dimiliki kampus akan bisa terwujud pada akhir tahun 2023 ini.

“Bahkan, melihat dari pengusulan yang ada di Kemendikbudristek di Jakarta, ULM bisa memiliki lebih dari 100 guru besar pada 2023 ini. Sebab, banyak usulan yang diajukan ULM untuk diproses oleh pihak kementerian,” kata guru besar hukum administrasi ULM ini.

BACA JUGA : Gagas Hubungan Internasional, Direkomendasi Senat, FISIP ULM Segera Buka Prodi Antropologi

Dia menyebut saat ini Fakultas Hukum tinggal menunggu pengesahan (SK)  dan pengukuhan dua guru besar baru. Yakni, Prof Mirza Satria Buana dan Prof Dr Irfani sebagai guru besar bidang hukum ULM. Termasuk, guru besar dari Fakultas Teknik, Dr  Yulian Firmana Arifin, ST., MT.

BACA JUGA : Target Bisa Raih Status PTN-BH, Rektor ULM Lantik 4 Wakil Rektor Baru

Dikutip dari data ulm.ac.id, pada Januari 2023, sebaran dosen bertitel profesor masih belum merata di Unlam, nama lama Universits Lambung Mangkurat terdiri dari 73 guru besar. Yakni, ada 22 guru besar di FKIP, 2 guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 3 guru besar FISIP, 4 guru besar Fakultas Hukum, 6 guru besar Fakultas Kedokteran, 1 guru besar di Fakultas Kedokteran Gigi, 7 guru besar di Fakultas Kehutanan, 3 guru besar di Fakultas MIPA, 5 guru besar Fakultas Perikanan dan Kelautan, 14 guru besar Fakultas Pertanian, dan 6 guru besar Fakultas Teknik.

Namun, dengan bertambahnya 3 guru besar yang baru maka bertambah menjadi 76 guru besar di UNLM per Mei 2023 ini.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.