Tokoh Alumni KPU se-Kalsel Warning Kekuatan Oligarki Sudah Rambah Penyelenggara Pemilu

0

KETUA Keluarga Besar Alumni Komisi Pemilihan Umum (KBA KPU) se-Kalsel Dr H Mohammad Effendy mendesak para penyelenggara pemilu di Kalsel, terkhusus perhelatan Pemilu 2024 bisa bekerja secara profesional, mandiri, dan penuh tanggung jawab.

HAL itu diungkapkan Effendy dalam Reuni dan halal bihalal KBA KPU se-Kalsel, di Rumah Alam Sungai Andai, Banjarmasin, Sabtu (20/5/2023).

Akademisi Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin ini mengatakan KBA KPU sangat prihatin dengan situasi terkini. Ini  karena adanya indikasi kuat kepentingan-kepentingan pihak luar hendak merasuki para penyelenggara pemilu, terutama dalam proses seleksi atau rekrutmen hingga ditetapkan sebagai komisioner terpilih atau bertugas di KPU.

BACA : Forum Ambin Demokrasi Ditantang Sebut Nama Calon Komisioner KPU Kalsel Bermasalah

“Padahal pada awal-awal terbentuknya KPU, sesuai amanat reformasi, desain KPU sangat ideal dan masing-masing penyelenggara punya idealisme yang tinggi,” ujar ahli hukum tata Negara ini.

Effendy menyebut para penyelenggara penyelenggara pemilu, yakni komisioner agar semakin berhati-hati. Hal ini mengingat saat ini, kekuatan oligarki telah memasuki segala lini, termasuk pihak pelaksana dan pengawas even politik lima tahunan baik pemilu maupun pilkada, seperti KPU dan Bawaslu.

BACA JUGA : Forum Ambin Demokrasi Sebut Hasil Seleksi Komisioner KPU Kalsel Sarat Calon Bermasalah

“Jadi, para penyelenggara pemilu bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sesuai amanah,” ucap mantan anggota KPU Kalsel periode 2003-2008 ini.

Mengenai eksistensi KBA KPU se-Kalsel, Effendy menjelaskan pagayuban ini bermula dari mandat mantan anggota KPU RI agar di Kalsel juga membentuk KBA KPU.

“Alhamdulillah, di Kalsel sudah terbentuk sejak setahun yang lalu. Kami akan segera mendata kawan-kawan komisioner KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota se-Kalsel sejak periode pertama hingga periode keempat ini,” ucap Effendy.

BACA JUGA : Mirip Dapil DPR RI, Pemilihan Calon Komisioner KPU Kabupaten/Kota Jadi Sorotan Forum Ambin Demokrasi

Dia menegaskan tujuan terbentuknya KBA KPU se-Kalsel tidak lain hanya  memberikan saran/masukan bagi penyelenggara, khususnya para komisioner yang tengah bertugas atau aktif di lembaga tersebut.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.