Raimuna Daerah XI, Paman Birin: Terus Hidupkan Gerakan Pramuka

0

GUBERNUR Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan, didaulat sebagai pembina upacara pembukaan kegiatan Raimuna Daerah (Raida) XI Kalimantan Selatan Tahun 2023 di Kiram Park, Desa Kiram, Kabupaten Banjar, Sabtu (6/5/2023).

PAMAN Birin membuka secara resmi kegiatan yang diikuti sebanyak 428 peserta yang merupakan perwakilan Pramuka Penegak Pandega beserta pendamping dari 13 Kwartir Cabang se-Kalimantan Selatan.

Turut hadir dalam kegiatan ini, sejumlah anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kalsel dan sejumlah Kepala SKPD Lingkup Provinsi Kalsel yang juga menjabat sebagai anggota Mabida Gerakan Pramuka Kalsel.

Selain itu, hadir juga Kamabicab, Ketua Kwarcab se-Kalimantan Selatan atau yang mewakili.

BACA: Pramuka Banua Diharap Menjadi Pelopor Anak Muda

Dalam amanatnya, Paman Birin menyampaikan apresiasi kepada Kwarda Gerakan Pramuka Kalsel yang terus melaksanakan berbagai kegiatan kepramukaan, khususnya Raimuda Daerah XI Kalsel Tahun 2023. Terselenggaranya kegiatan ini sebagai bukti solidaritas dan eksistensi Gerakan Pramuka di Kalimantan Selatan.

Paman Birin menekankan untuk terus menghidupkan gerakan pramuka, dengan harapan dapat mewariskan watak dan kepribadian yang berkarakter Bangsa Indonesia, memiliki jiwa kepemimpinan, rasa empati, kepedulian dan gotong royong.

Melalui kegiatan pramuka, juga terpancar rasa persaudaraan, kebersamaan dan saling menghormati, serta medan kompetisi dari berbagai lomba, mengajarkan sifat jiwa satria dan sportif, yang semuanya akan menjadi bekal dan pengalaman yang berharga untun mengarungi masa depan yang gemilang.

Melalui kegiatan ini, Paman Birin mengharapkan dapat saling berbagi nilai-nilai positif. “Mari kita wujudkan setiap kegiatan kepramukaan sebagai sarana pendidikan, untuk melahirkan generasi yang cinta Pancasila, cinta Indonesia, serta menanamkan kepedulian kesetiakawanan dan kegotongroyongan,” ajaknya.

BACA JUGA: Ketua Kwarda Kalsel Hj Raudatul Jannah Ajak Anggota Pramuka Dukung Pengendalian Inflasi

Sementara itu, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalsel Hj Raudatul Jannah Sahbirin, dalam laporannya menyampaikan, kegiatan Raimuna Daerah (Raida) XI Kalimantan Selatan merupakan wadah bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di Kalimantan Selatan untuk melatih diri, mengekspresikan minat dan bakat, bersosialisasi, dan meningkatkan kapasitas serta kemampuan diri, dalam menghadapi tantangan jaman.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membekali anggota Pramuka sebagai generasi penerus bangsa, agar memiliki kemampuan, berkarakter, dan berdaya saing untuk menghadapi tantangan zaman,” sampainya.

Lebih lanjut, Hj Raudatul Jannah menyampaikan, Raimuna Daerah XI Kalimantan Selatan Tahun 2023 dilaksanakan pada tanggal 6-8 Mei 2023. Perkemahan utama bertempat di Objek Wisata Kiram Park, kegiatan pendukung dilaksanakan di Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

Adapun kegiatan dalam kegiatan ini, diantaranya, Tour Activity (Giat Perjalanan dan Wisata), Interest Activity (Giat Materi), Social Activity (Giat Sosial), Know-How Activity (Giat Kecakapan/Keterampilan), Accounstomed Activity (Giat Umum).

Kegiatan Raimuna Daerah XI Kalimantan Selatan Tahun 2023, diikuti sebanyak 428 orang dari 13 Kwartir Cabang se-Kalimantan Selatan. Para peserta terdiri dari, Pramuka Penegak pandega Putra 197 orang, Pramuka Penegak pandega Putri 182 orang, Pembina Pendamping 12 orang, Pimpinan Kontingen Cabang 26 orang, dan Dokter Kontingen Cabang 8 orang. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.