Paman Birin Berharap Road to L’Etape Indonesia Di Kalsel Berdampak Positif Pada Perekonomian Banua

0

RATUSAN pesepeda di Provinsi Kalimantan Selatan mengikuti ajang pemanasan lomba balap sepeda amatir, bertajuk Road to L’Etape Indonesia di Kalsel, Minggu (7/5/2023).

PESERTA dilepas Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin, di kawasan Siring 0 Kilometer Banjarmasin. Menggunakan rompi kuning, Paman birin juga didampingi oleh Ketua DPRD Kalsel H Supian HK, Kapolda Kalsel Irjen Andi Rian D, Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel Hermansyah.

Paman Birin mengatakan, event ini sangat membanggakan Kalsel dan diharapkan membawa dampak positif bagi perekonomian dan pariwisata di Banua. Ia pun berpesan kepada para peserta, agar menjaga keselamatan selama kegiatan berlangsung.

BACA: Paman Birin Ingin Happy Race Jadi Gerbang Event Olahraga yang Lebih Besar

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel Hermansyah menambahkan, penunjukan Provinsi Kalsel sebagai salah satu lokasi pemanasan, jadi kebangsaan pemerintah provinsi dan masyarakat provinsi dengan 13 kabupaten/kota ini.

Ia berharap ajang ini menjadi kebangkitan olahraga di Kalsel, dan daerah ini semakin dikenal masyarakat luas di tanah air.

Lomba balap sepeda amatir dengan lisensi L’Etape Tour de France ini terselenggara di 21 negara, menawarkan petualangan olahraga dan wisata atau biasa dikenal dengan sport tourism.

Untuk L’Etape Indonesia sendiri nantinya akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 28 Mei 2023 mendatang.

Sebagai ajang pemanasan, Kalsel yang memiliki panorama pemandangan cukup indah, menjadi salah satu tempat dilaksanakannya Road to L’Etape Indonesia.

Lomba balap sepeda ini pun turut diikuti sebanyak 495 orang peserta dengan dua kategori. Yakni kategori Long dengan jarak 139 Km, dan karegori Short dengan jarak tempuh 40 Km.

Lomba ini akan dimulai dari titik 0 Km Banjarmasin, yang mana peserta mengikuti kategori Long akan menuju kawasan Gunung Mawar dan kategori Short menuju Bundaran Liang Anggang.

BACA JUGA: Even Tour de Loksado 2022 Digelar, 438 Pesepeda Bakal Menempuh Jarak 165 Kilometer

Sebelumnya, Direktur L’Etape Indonesia by Tour de France, Zacky Badrudin mengungkapkan, event kali ini merupakan rangkaian sebelum digelarnya L’etape Indonesia by Tour de France di Mandalika, Nusa Tenggara Barat, pada 28 Mei mendatang.

Ia juga mengatakan, bahwa para peserta yang mengikuti lomba ini tidak hanya menggunakan roadbike, tetapi ada juga peserta yang menggunakan sepeda non roadbike.

Alasan Kalsel menjadi salah satu lokasi Pre-Event L’Etape Indonesia, karena provinsi ini memiliki kondisi jalan dan infrastruktur penunjang yang terbilang cukup mulus, ditambah lagi pemandangan indah di sepanjang rute yang akan dilintasi para peserta.

Dikatakan juga, lomba ini juga menerapkan sistem keselamatan dan keamanan sesuai dengan standar. Dimana pihaknya telah menggandeng promotor olahraga asal Indonesia yang sudah teruji dalam berbagai gelaran event serupa.

Tak hanya menyediakan tim medis dan ambulan yang bersiaga mengiringi perjalanan para pesepeda di dua rute tersebut, pihaknya juga menempatkan sejumlah titik istirahat atau Water Station yang dapat dimanfaatkan peserta.

Untuk rute Long juga ada dua penghargaan khusus, yakni King of Mountain (KoM) dan Queen of Mountain (QoM), bagi peserta pertama yang berhasil melalui Gunung Mawar.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.