Pramuka Banua Diharap Menjadi Pelopor Anak Muda

0

DIPERCAYA lagi memimpin Gerakan Pramuka di Bumi Lambung Mangkurat, Hj Raudhatul Jannah dikukuhkan oleh Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida), Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor.

SEBELUMNYA, Mabida yang diketuai Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor, dilantik oleh Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Komjen pol (Purn) Budi Waseso, Sabtu (4/2/2023) di Kiram Park.

Merasa menjadi momen luar biasa, kembali dilantik menjadi Ketua Mabida Kwartir Daerah (Kwarda) Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor mengungkapkan akan mendukung penuh jalannya kegiatan pramuka di Banua tercinta.

BACA: Budi Waseso : Pramuka Banua Diharapkan Jadi Pelopor Generasi Muda

“Kita akan berikan penuh dukungan, dalam setiap kegiatan langkah dari Gerakan Pramuka ini,” ungkapnya.

Bahkan dia menjelaskan sudah merencanakan akan diadakannya kegiatan nasional pramuka di Kalimantan Selatan. “Tahun ini sudah kita rencanakan untuk mengadakan Kemah Bela Negara, yang lingkupnya nanti akan nasional,” jelasnya.

Dan juga dalam kepengurusan saat ini, melihat track record Hj Raudhatul Jannah yang sebelumnya juga memimpin Gerakan Pramuka, dia yakin pada kepengurusan baru kali ini bisa menjalankan tugas serta kewajibannya dengan baik.

“Bisa dilihat dari kesigapan pramuka saat membatu korban terdampak banjir, lalu ada pembagian masker dan sembako di saat pandemi lalu,” sambungnya.

“Mari kita buktikan jika Gerakan Pramuka di Kalimantan Selatan ini adalah yang terbaik di Indonesia.” tutupnya.

Sementara itu Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso mengatakan, Gerakan Pramuka adalah pendidikan non formal yang akan membentuk pemuda berkarakter, juga sebagai bagian dari pelengkap pendidikan nasional.

BACA JUGA: Ketua Kwarda Kalsel Hj Raudatul Jannah Ajak Anggota Pramuka Dukung Pengendalian Inflasi

Tak hanya sampai disitu, dia juga berharap kedepannya nantinya Gerakan Pramuka ini akan menjadi pelopor generasi dalam mewujudkan para calon pemimpin muda yang berkarakter. Yang tetap berpegang teguh pada nilai Tri Sarya dan Dasa Dharma.

“Dengan dukungan berbagai pihak baik itu pemerintah, lembaga, sampai masyarakat, sehingga Pramuka ini akan ada di mana bahkan sampai lingkup terkecil sekalipun,” ungkapnya.

Nantinya gerakan pramuka ini akan selalu siap hadir dalam kegiatan membantu masyarakat, dengan beberapa kegiatan seperti aksi tanggap bencana, pengentasan kemiskinan, serta membantu mengatasi permasalahannya sosial lainnya di masyarakat.

“Ini sebagai sarana pendidikan serta sarana pendidikan bagi para anggota pramuka untuk menumbuhkan semangat simpati juga empati,” ucapnya.(jejakrekam)

Penulis Fery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.