Diresmikan, Puskesmas Mantuil Diharapkan Dapat Mempermudah Akses Warga Untuk Berobat

0

PROYEK rehab total Puskesmas Mantuil di Jalan Teluk Masjid, Kelurahan Mantuil, Banjarmasin Selatan kini telah rampung, dan telah diresmikan untuk beroperasi sepenuhnya.

PUSKESMAS Mantuil yang memiliki nilai proyek Rp 4,5 miliar ini, diresmikan langsung oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, pada Rabu (3/5/2023).

“Ini adalah Puskesmas ke 28 di Kota Banjarmasin, mudah-mudahan dengan diresmikannya Puskesmas Mantuil ini bisa memudahkan warga sekitar untuk berobat,” ujar Ibnu Sina selepas acara peresmian Puskesmas Mantuil.

Ia berharap juga, agar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin bisa sesegeranya untuk melengkapi sarana dan prasarana yang masih kurang di Puskesmas itu.

BACA: Dinas Kesehatan Banjarmasin Tahun Ini Targetkan Dua Puskesmas Baru

Selain itu juga Ibnu berharap untuk Puskesmas lain yang ada di Banjarmasin yang bangunannya perlu diperbaiki juga untuk tahun ini agar bisa segera juga direhab dan diperbaiki.

“Terutama tiga puskesmas usulan dari Kadis tadi, seperti Puskesmas Kelayan Timur, Sungai Bilu, dan Cempaka Putih,” sebutnya.

Hal ini agar pelayanan pertama di tingkat Puskesmas di seluruh kelurahan di Banjarmasin bisa berjalan dengan maksimal dalam melayani masyarakat.

Sementara Kepala Dinkes Kota Banjarmasin M Ramadhan mengatakan, setelah ini akan ada rencana untuk menambahkan unit Puskesmas pembantu (Pustu), yang akan membantu pelayanan Puskesmas Mantuil. “In Syaa Allah tahun depan akan kita tambah puskesmas pembantu di Pulau Bromo,” ujarnya.

BACA JUGA: Pemkot Banjarmasin Lakukan Pembangunan Puskesmas Mantuil

Lalu untuk operasional di Puskemas Mantuil sendiri, Ramadhan mengungkapkan ada sekitar 33 tenaga medis, terdiri dari 5 orang ASN, dan 18 orang tenaga medis hasil rekrutmen.

Serta juga untuk penambah sarana dan prasarana di Puskesmas Mantuil, Ramadhan mengatakan, semua hal itu akan sesegeranya akan dilakukan. “Seperti peralatan di Poli gigi yang masih belum ada akan diusahakan ada di bulan ini atau bulan depan, juga untuk pengadaan ambulan akan kami usahakan di akhir tahun,” jelasnya.

Menambahkan juga, Kepala Puskemas Mantuil Rony S menyebut, sebagai langkah awal dari beroperasinya Puskesmas Mantuil ini, pihaknya akan mencoba melakukan kaji banding dengan Puskesmas Pekauman karena mengingat sebelum Puskesmas Mantuil ini adalah Pustu dari Puskesmas Pekauman.

“Hal ini adalah sebagai pembelajaran bagi kawan-kawan tenaga medis yang masih baru, dalam memberikan layanan yang baik bagi masyarakat,” ujarnya.

BACA LAGI: 27 Puskesmas di Banjarmasin Sudah Saatnya Terapkan Layanan Telemedicine

Selain itu juga pihaknya masih sambil menyiapkan perizinan di (Perizinan Terpadu Satu Pintu) dan juga di Kementrian Kesehatan. “Agar nantinya Puskesmas Mantuil ini bisa mandiri secara sepenuhnya,” tuturnya.

Dan di Puskesmas Mantuil ini dipastikan nya akan siap untuk melayani segala macam kebutuhan kesehatan masyarakat sekitar. “Meskipun masih ada beberapa peralatan yang terbatas, tapi akan kita lengkapi secepatnya,” tutupnya.

Di lain sisi, Imah salah seorang warga di Kelurahan Mantuil merasa senang dengan keberadaan Puskesmas Mantuil, yang kini sudah bisa diakses oleh warga sekitar. “Bahagia sekali dengan adanya Puskesmas yang baru ini,” ucapnya saat mengunjungi Puskesmas untuk memeriksa kesehatan.

Pasalnya berdasarkan pengakuan Imah, untuk sekedar memerikasa kesehatan ataupun berobat, sebelum adanya puskesmas ini, warga mantuil dan sekitarnya harus menuju Puskesmas Pekauman yang jaraknya terbilang lumayan jauh. “Sekarang sudah tidak jauh lagi untuk berobat, aksesnya juga mudah bagi kami warga sekitar,” ujarnya.(jejakrekam)

Penulis fery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.