Dinas Kesehatan Banjarmasin Tahun Ini Targetkan Dua Puskesmas Baru

0

DALAM proses persiapan lelang, Dinas Kesehatan berencana untuk melakukan proyek pembangunan dan renovasi dua puskesmas yang ada di Banjarmasin.

DISAMBANGI di kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Kepala Dinas Kesehatan M Ramadhan menyampaikan rencana untuk merehabilitasi dua puskesmas di Banjarmasin, yaitu Puskesmas Pemurus Dalam dan Puskesmas Pelambuan.

Rencananya proyek ini akan dimulai pada awal tahun 2023 dengan melakukan lelang pengawas terlebih dahulu, dilanjutkan dengan lelang fisik di bulan Februari.

BACA: Terbesar di Banjarmasin, Walikota Ibnu Sina Ingin Puskesmas Sungai Andai Jadi RS Kelas D

“Direncanakan untuk Puskesmas Pelambuan dan Puskesmas Pemurus Dalam akan dilakukan bulan ini (Januari) untuk lelang pengawas, dan harapan di akhir bulan Februari nanti akan dinaikkan lelang fisiknya,” ujar M Ramadhan.

Dua proyek ini akan memakai dana dari APBD tahun 2023. Diperkirakan anggaran untuk membangun kedua puskesmas sekitar Rp 12 miliar.

“Kemarin sekitar Rp 12 miliar untuk keduanya, Rp 6 miliar untuk masing-masing keduanya,” sambungnya.

Dijelaskan M Ramadhan, saat proyek puskesmas ini berjalan, Puskesmas Pelambuan akan dialihkan sementara ke sekitaran kantor Polsek Banjarmasin Barat, sedangkan untuk Puskesmas Pemurus Dalam akan menggunakan puskesmas pembantu yang ada.

BACA JUGA: 27 Puskesmas di Banjarmasin Sudah Saatnya Terapkan Layanan Telemedicine

Diharapkan setelah selesai pengerjaan kedua puskesmas tersebut dapat langsung dirasakan dampaknya oleh masyarakat bukan hanya yang ada di Banjarmasin tapi juga sekitarnya. Seperti di Puskesmas Pelambuan yang dampaknya bisa juga dinikmati oleh masyarakat Tamban karena aksesnya yang lumayan mudah, serta di Pemurus Dalam juga bisa dinikmati oleh warga Kabupaten Banjar.

“Makanya kenapa kami prioritaskan tahun ini Pelambuan dan Pemurus Dalam, karna Pelambuan ini bukan hanya masyarakat Pelambuan saja yang berkunjung, tapi masyarakat Tamban juga, sama halnya di Pemurus juga sering kedatangan pengunjung dari Kabupaten Banjar,” tuturnya.

Nantinya juga disampaikan nya bahwa proyek pembangunan puskesmas ini akan digenjot tiap tahunnya, dengan melihat targetnya adalah puskesmas yang ada di daerah padat penduduk dan yang memiliki bangunan yang uzur atau tua.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/01/17/dinas-kesehatan-banjarmasin-tahun-ini-targetkan-dua-puskesmas-baru/
Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.